Berita PLN

Inovasi Sayur Hidroponik Kawasan Produktif Kelurahan Sako, PLN Konsisten Tingkatkan Pemasukan Warga

PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (S2JB) memberikan bantuan tambahan tahun kedua

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas PLN
Manager UP2D S2JB Hendrix Reza berfoto bersama usai menyerahkan bantuan untuk Program Electrifying Agriculture Hidroponik kepada Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru di Komplek Alam Sako Baru No 02 RT 009 RW 004 Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (22/6/2022) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (S2JB) memberikan bantuan tambahan tahun kedua Pengembangan Sayur Hidroponik.

Bantuan tersebut berupa dana cash melalui Program Electrifying Agriculture Hidroponik kepada Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru di Komplek Alam Sako Baru No 02 RT 009 RW 004 Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (22/6/2022) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

Bantuan diberikan senilai 100 juta rupiah yang direalisasikan untuk Pengembangan Usaha Hidroponik, seperti Pembuatan Rumah Hidroponik, Penambahan Instalasi Listrik yang dimana akan lebih difokuskan untuk memaksimalkan lahan hidroponik yang sudah ada.

Pln Menyerahkan bantuan ke kelompok tani
Manager UP2D S2JB Hendrix Reza menyerahkan bantuan berupa dana cash melalui Program Electrifying Agriculture Hidroponik kepada Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru di Komplek Alam Sako Baru No 02 RT 009 RW 004 Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (22/6/2022) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

Dimana yang sebelumnya sudah ada 6 unit kebun hidroponik dengan rata-rata 10 -15 kg sayur dalam sekali panen untuk 1 unit, dengan penambahan 3 unit kebun hidroponik lagi ini diupayakan dapat meningkatkan dan menambah produksi sayuran.

Sehingga dapat menjadi sentra utama penghasil sayuran hidroponik khususnya di Palembang, membuat produk olahan yang berbahan dasar sayuran.

Mencapai peningkatan perekonomian para anggota kelompok tani di Sako Baru dan melaksanakan pelatihan tentang pembuatan produk olahan sayuran (keripik sayur).

Suasana di Komplek Alam Sako Baru Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako
Suasana di Komplek Alam Sako Baru No 02 RT 009 RW 004 Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (22/6/2022) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Hendrix Reza selaku Manager UP2D S2JB kepada Ketua Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru Maiza Fikri.
 
Dalam kesempatan kali ini, Manager PLN UP2D S2JB datang bersama Tim TJSL UP2D S2JB, melihat dan mendengarkan secara langsung bagaimana hijau dan suburnya sayuran hidroponik yang tersusun rapi di lahan yang tidak cukup luas dan berapa banyak penghargaan - penghargaan yang sudah diterima oleh Kelompok Tani Bersama Alam Hijau Sako Baru.

Manager UP2D S2JB turut menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat di Kampung KB Sriwijaya bertujuan untuk membantu memanfaatkan lahan tidur menjadi kawasan produktif serta meningkatkan ekonomi masyarakat di Kelurahan Sako Baru.

Tak hanya itu, Manager UP2D S2JB berharap berinovasi tidak hanya menjual sayur atau membuat keripik sayur melainkan dapat membuat olahan-olahan makanan lain seperti Minuman Jus Sayur dan lain-lain sehingga dapat memupuk hubungan kerjasama yang baik antara PLN dan Masyarakat. 

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved