Berita Daerah

HUT Bhayangkara ke-76, Polres Muara Enim Gelar Donor Darah

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto melalui Kasi Humas Iptu RTM Situmorang mengatakan, bahwa kegiatan donor darah ini melibatkan anggota personel

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Ardani Zuhri
Suasana pelaksanaan giat donor darah oleh Polres Muara Enim bekerjasama dengan PMI Kabupaten Muara Enim yang melibatkan pendonor aktif dari Satuan Kodim 0404 Muara Enim. 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM -- Dalam rangka memperingati HUT ke-76 tahun 2022, Polres Muara Enim bekerjasama dengan PMI Kabupaten Muara Enim menggelar giat Bakti Kesehatan dengan Donor Darah, di gedung aula lapangan Tembak Polres Muara Enim, Selasa (7/6/2022).

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto melalui Kasi Humas Iptu RTM Situmorang mengatakan, bahwa kegiatan donor darah ini melibatkan anggota personel Kepolisian dan TNI yang ada di sekitar kecamatan Muara Enim.

Pada kegiatan kali ini, memang memprioritaskan anggota Polri dan TNI sebanyak sekitar 200 orang, namun tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat yang ingin sukarela mendonorkan darahnya tentu pihaknya sangat menerima.

Kasi Humas Polres Muara Enim Iptu RTM Situmorang dan Aiptu Sunarno
Kasi Humas Polres Muara Enim Iptu RTM Situmorang dan Aiptu Sunarno pada saat giat donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-76 tahun 2022, di gedung aula lapangan Tembak Polres Muara Enim, Selasa (7/6/2022).

Sebab semakin banyak orang yang mendonorkan darahnya tentu akan semakin baik karena akan semakin banyak yang bisa tertolong.

"Kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan dua kali, pertama hari ini, Selasa (7/6/2022) kemudian pada hari Rabu (15/6/2022) mendatang, diharapkan ada banyak pihak terutama anggota untuk dapat berkontribusi dalam kegiatan donor darah hari ini dan nanti," ujar Situmorang.

Pihaknya berharap dengan melalui kegiatan ini, kebutuhan stok darah di Kabupaten Muara Enim dapat terpenuhi terutama kebutuhan stok darah untuk pasien-pasien yang sangat membutuhkan, sebab jika kita hanya mengandalkan PMI tentu mereka akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan darah terutama di Muara Enim.

“Dengan semangat promoter pengabdian Polri untuk masyarakat, bangsa dan Negara, Kami persembahkan dengan dengan donor darah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UDD PMI Muara Enim dr Rini Widyantari melalui Staf Medis UDD PMI Muara Enim Lastry mengatakan, bahwa sebenarnya stok darah di PMI sendiri masih tergolong aman, sebab selama ini kebutuhan pasien selalu terpenuhi, meskipun melibatkan pendonor dari anggota keluarga pasien itu sendiri.

Namun, untuk kebutuhan tentu kami selalu butuh stok darah, sebab biasanya setiap satu bulan sekitar 300 kantong darah digunakan oleh para pasien.

Dan untuk kekurangannya dibantu oleh keluarga pasien sendiri.

"Untuk darah yang paling banyak digunakan golongan A, B dan O, namun yang sulit didapatkan adalah golongan darah AB. Kita biasanya berikan solusi donor silang antar keluarga," ujarnya.

Untuk kedepan, lanjut Lastry, pihaknya menghimbau bagi masyarakat dengan kesadaran sendiri bisa mendonorkan darahnya ke Kantor PMI Muara Enim dan kami siap melayani selama 24 jam.

Sebab setetes darah yang kita berikan akan bisa menyelamatkan jiwa manusia. (ari)

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved