PETANI Kelapa Sawit di Sumsel Ancam Gelar Demo Jika Presiden Jokowi tak Mencabut Larangan Ekspor CPO

Sejak sebulan lalu harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit anjlok lebih dari 50 persen dari harga semula Rp 3.300 per kg menjadi Rp 1.200 per kg.

Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/NANDO
Ilustrasi: Para petani kelapa sawit di Sumsel sedang mengangkut Tandan Buah Segar (TBS) ke atas mobil. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sejak sebulan lalu harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit anjlok lebih dari 50 persen dari harga semula Rp 3.300 per kg menjadi Rp 1.200 per kg.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspekpir) DPD Sumsel Bambang Giyanto mengatakan petani menyuarakan agar pemerintah memberikan solusi agar harga TBS ini bisa kembali baik karena jika harga anjlok seperti ini terus menerus maka bisa saja petani gulung tikar.

DPD Aspekpir dari seluruh tanah air sementara hanya menyuarakan surat terbuka kepada Presiden Jokowi yang ditulis pada 15 Mei lalu.

Isinya isi agar kebijakan larangan ekspor dicabut karena saat Hari Raya Idul Fitri kemarin tidak ada gejolak dan kelangkaan minyak goreng padahal kebutuhan meningkat tajam.

Dalam surat terbuka yang disampaikan kepada Presiden 15 Mei lalu tertulis permintaan petani agar larangan ekspor dicabut karena kebijakan larangan ekspor dengan alasan memenuhi kebutuhan domestik itu sampai sekarang belum dicabut.

Ini sudah menghancurkan ekonomi petani sebagai komponen paling hulu dari rantai pasok minyak kelapa sawit.

"Kalau sampai surat terbuka ini tidak mendapat tanggapan atau solusi dari pemerintah kita akan demo agar suara petani didengarkan pemerintah," kata Bambang, Selasa (17/5/2022).

Bambang berharap cukup dengan surat terbuka dengan dan mendengarkan keluhan dari semua petani saja pemerintah bisa segera memberikan solusi.

Jangan sampai harus demo atau ribut dulu agar ada solusinya.

Dalam surat terbuka itu juga gabungan petani juga mempertanyakan mengapa kebijakan yang dibuat pemerintah ibaratnya siapa yang berulah tetapi siapa yang harus menanggung.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved