KAPAL Perang China Menyusup ke Australia, Terlacak Intai Pangkalan Kapal Selam Amerika

Sejumlah kapal angkatan laut China telah terlacak di lepas pantai utara dan timur Australia beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir.

Editor: Wiedarto
. (JENBECHWATI via TWITTER)
Australia pada 26 November 2021 mengonfirmasi laporan tentang kehadiran kapal mata-mata China yang terlihat di lepas pantai Australia, antara Agustus dan September. 

SRIPOKU.COM, AUSTRALIA--Sebuah kapal mata-mata China terlacak di lepas pantai barat Australia dalam jarak 50 mil laut dari fasilitas pertahanan yang sensitif. Laporan tersebut disampaikan Australia pada Jumat (13/5/2022), meningkatkan kekhawatiran tentang perilaku China di wilayah tersebut.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan, kapal angkatan laut China tidak berada di perairan teritorial Australia tetapi kehadirannya mengkhawatirkan.

“Ini jelas sebuah kapal mata-mata dan mereka melihat kami dan kami terus mengawasi mereka,” kata Morrison kepada wartawan.

Australia telah melacak kapal mata-mata itu selama sepekan terakhir saat berlayar melewati stasiun komunikasi angkatan laut Harold E Holt di Exmouth. Stasiun tersebut digunakan oleh kapal selam Australia, AS, dan sekutunya, sebagaimana dilansir Reuters.

Kedutaan China di Australia tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters ketika dihubungi. Australia akan menggelar pemilu pada 21 Mei dan pertanyaan tentang ancaman keamanan nasional yang ditimbulkan oleh China telah menjadi tema kampanye utama.

“Saya pikir itu adalah tindakan agresi. Saya pikir terutama karena itu telah terjadi begitu jauh ke selatan,” kata Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton dalam konferensi pers.

“Kapal itu dekat dengan instalasi militer dan intelijen di pantai barat Australia,” sambung Dutton. Relasi antara Australia dan China telah menegang dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai masalah, termasuk pengaruh China di Australia dan kawasan Pasifik.


Sejumlah kapal angkatan laut China telah terlacak di lepas pantai utara dan timur Australia beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Dan kapal-kapal China yang sama memantau latihan angkatan laut Australia dengan militer AS di lepas pantai timurnya tahun lalu.

Pada Februari, China dan Australia bertukar tuduhan atas insiden di mana Australia mengatakan salah satu pesawat patroli maritimnya mendeteksi laser yang diarahkan padanya dari kapal angkatan laut China.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved