Kadinkes Sumsel Imbau Masyarakat untuk Tidak Panik dan Waspadai Ciri-ciri Hepatitis Akut

Pandemi Covid-19 belum usai, kini muncul penyakit lainnya yang ikut mengancam kesehatan masyarakat, yakni Hepatitis Akut.

Penulis: Chairul Nisyah | Editor: adi kurniawan
Handout
Gejala Hepatitis Akut mulai menghantui kesehatan masyarakat di Indonesia, yang belum diketahui peyebabnya. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bayang-bayang Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terus menghantui masyarakat Indonesia.

Pandemi Covid-19 belum usai, kini muncul penyakit lainnya yang ikut mengancam kesehatan masyarakat, yakni Hepatitis Akut.

Salah satu sumber pemberitaan bahkan menyebutkan ada seorang bocah berumur tujuh tahun meninggal dunia diduga terkena hepatitis akut.

Dikonfirmasi pada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra Lesty Nurainy Apt M Kes mengatakan jika masyarakat Sumsel tidak perlu panik dengan adanya penyakit Hepatitis Akut.

Meski demikian, Lesty mengatakan masyarakat harus tetap mewaspadinya dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh dan lingkungan.

"Masyarakat jangan panik tapi waspada, pahami gejalanya, pahamiapa yang harus dilakukan, terapkan PHNS, prokes, jaga kesehatan, jaga kebersihan lingkungan, serta jangantukar menukar alat makan," ujar Lesty melalui pesan Whatapp, Selasa (10/5/2022).

Kadinkes Provinsi Sumsel itu juga menjelaskan jika, pihak-pihaknya akan melakukan sosialisai, promosi kesehatan terkait hepatitis akute yg belum diketahui etiologinya.

"Hal itu agar masyarakat paham apa gejalanya, apa yg harus dilakukan untuk pencegahannya dan harus ke fasyankes jika ada yang menunjukkan gejala-gejala hepatitis akut tersebut," jelasnya

Lesti juga mengatakan untuk jejaring kesehatan, Dinkes Kabupaten Kota, fasyankes baik Rumah Sakit, Puskesmas, Labkes, dan KKP, akan menyampaikan agar melaksanakan edaran dari Kemkes, melakukan pemantauan dan melaporkan lewat formulir yang sudah disediakan sesuai alur.

Serta meningkatkan surveilen, membantu agar segera diketahui penyebab hepatitis ini dan meningkatkan kegiatan terkait respon SKDR.

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved