Berita Palembang

MIE Kuning Basah Mengandung Formalin Ditemukan di Pasar Km 5 Palembang

Dari 21 sampel yang diperiksa di Pasar Km 5 ada tiga sampel yang mengandung formalin. Kesemuanya mie basah dan sudah dilakukan penyitaan

Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/Linda Trisnawati
Mie kuning basah mengandung formalin yang ditemukan BPOM dan dinas terkait di Pasar Km 5 Palembang, Kamis (28/4/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Balai Besar POM (BPOM) Palembang dan Reskrimsus Polda Sumsel melakukan sidak di Pasar Km 5 dan Pasar Lemabang.

"Kita melakukan sidak untuk mengecek adanya barang-barang berbahaya yang dicampurkan dengan pangan," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Ahmad Rizali, Kamis (28/4/2022).

Menurutnya, ini dilakukan karena beberapa hari lagi akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Seperti sudah tradisi masyarakat akan banyak mengkonsumsi bahan makanan, sehingga pangan yang ada harus diawasi dengan baik.

"Dari hasil sidak tadi didapatkan ada mie basah yang mengandung formalin dan yang mengandung formalin sudah disita," katanya.

Sementara itu Koordinator Substansi Kelompok Pemerikasaan Balai BPOM Palembang Aquirina Leonora menambahkan, bahwa ada 21 sampel yang diperiksa di Pasar Km 5 dan 17 sampel di Pasar Lemabang.

"Dari 21 sampel yang diperiksa di Pasar Km 5 ada tiga sampel yang mengandung formalin. Kesemuanya mie basah dan sudah dilakukan penyitaan," katanya.

Menurutnya dilakukan pendataan pada pedagang yang menjual mie basah berformalin dan hasilnya diserahkan kepihak terkait.

Sedangkan untuk di Pasar Lemabang tidak ditemukan bahan berbahaya.

Sebagai informasi ciri-ciri mie basah yang berformalin yaitu tidak lengket, lebih mengkilap, bau menyengat khas formalin. Kemudian bertahan lebih dari satu hari pada suhu ruangan.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved