Breaking News:

PERANG Rusia dan Ukraina Harus Segera Dihentikan, Melanggar Hukum dan Memperburuk Situasi Global

Perang Rusia dan Ukraina sangat mempengaruhi perkembangan situasi global. Bahkan perkembangan situasi global semakin buruk

Editor: Sudarwan
(AP PHOTO/EVGENIY MALOLETKA)
Warga lokal berdiri di atas tank Rusia yang hancur dalam pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di pinggiran Kyiv, Senin (11/4/2022). PERANG Rusia dan Ukraina Harus Segera Dihentikan, Melanggar Hukum dan Memperburuk Situasi Global 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Perang Rusia dan Ukraina sangat mempengaruhi perkembangan situasi global.

Bahkan perkembangan situasi global semakin buruk dengan adanya geopolitik Rusia dan Ukraina.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dia dan anggota forum G20 bahkan khawatir situasi tersebut akan menghambat pertumbuhan ekonomi global.

Oleh karena itu, hasil dari pertemuan kedua antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral anggota G20 dalam forum diskusi Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) Presidensi G20 Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat, sepakat perang antara Rusia dan Ukraina segera dihentikan.

Sebab, selain berimplikasi pada kenaikan harga komoditas yang tinggi, perperangan kedua negara tersebut juga telah melanggar hukum internasional.

“Banyak anggota forum G20 menyatakan perang tersebut tidak beralasan, bahkan tidak dapat dibenarkan dan merupakan pelanggaran hukum internasional,” tutur Sri Mulyani dalam Konferensi Pers, Kamis (21/4/2022).

Dalam pertemuan kedua, Sri Mulyani mengatakan banyak menerima keluhan dari anggota G20.

Pasalnya, peperangan tersebut telah dirasakan oleh negara-negara di luar Eropa.

Selain itu, para anggota G20 juga menyayangkan peperangan tersebut karena telah mengancam krisis kemanusiaan, ekonomi, dan keuangan.

Sehingga, lanjutnya, Indonesia sebagai ketua dalam Presidensi G20, harus mampu menjadi penengah dan memastikan semua anggota yang hadir dapat menyarankan dan memberikan masukan utamanya terkait isu-isu global yang mengancam ekonomi.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved