Menanggulangi Banjir Kota Palembang, Kadin PU dan Dandim 0418 Bongkar 125 Bangunan

Pemerintah Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di musim penghujan.

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Ts Sri Hidayatun
Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ir H A Bastari Yusak didampingi Dandim 0418 Palembang dan pihak kepolisian Polrestabes Palembang sedang berdialog dengan perwakilan masyarakat terkait banjir. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di musim penghujan. 

Salah satu upaya yang dilakukan membongkar bangunan yang mengghambat saluran air di permukiman warga.

Kepala Dinas (Kadin) PUPR Kota Palembang Ir H A Bastari Yusak mengatakan, hingga saat ini sudah sebanyak 125 bangunan yang dibongkar dan diperbaiki agar tidak mengganggu aliran air.

Menurutnya program menormalisasi kembali saluran air ini dilaksanakan bersama dengan pihak terkait lainnya seperti Kodim 0418 Palembang, tim gabungan PU dan juga pihak kecamatan dan kelurahan.

"Upaya perbaikan saluran air ini dimulai dengan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga dalam pelaksanaanya masyarakat dapat kooperatif," ujar Bastari.

Bastari mengatakan, program yang dimulai sejak Januari 2022 sampai saat ini mendapat dukungan dari masyarakat dan dapat berjalan dengan lancar. 

"Setelah diberikan edukasi, masyarakat akhirnya mengerti dengan fungsi saluran air dan apa yang menyebabkan banjir," katanya seraya berharap masyarakat agar tidak sekali-kali membuang sampah di areal saluran air yang bisa menyebabkan terbendung air akibat tumpukan sampah.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Dinas PUPR yang di bantu oleh Dandim 0418.

"Ini adalah upaya kita bersama dalam menangani terjadinya genangan air saat hujan turun. Dengan kesadaran masarakat serta kepedulian terhadap lingkungan setidaknya ini akan mengurangi dampak genangan air di saat hujan deras guyur Kota Palembang," jelas dia.

Peran serta masyarakat sangat penting, maka dari itu mari saling bergotong royong serta saling mengingatkan tentang kepedulian terhadap lingkungan, kembalikan fungsi aliran sungai sebagai mana mestinya.

 

 

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved