Usai Lebaran, KORMI PALI Road to FORNAS VI Libatkan Disparda Gelar Event PORTINA di Candi Bumiayu

una menggelorakan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) pada 1-7 Juli 2022 mendata

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Abdul Hafiz
Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten PALI Firdaus Hasbullah SH yang juga Ketua DPW PKG (Perkumpulan Gerakan Kebangsaan) Sumsel menyampaikan program menyukseskan road to FORNAS (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional) VI usai buka bareng dengan puluhan anak yatim panti asuhan di Mabes Coffe and Resto Jl Demang Lebar Daun, Jumat (15/4/2022) kemarin. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna menggelorakan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) pada 1-7 Juli 2022 mendatang, di Provinsi Sumatera Selatan, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bersama Dinas Pariwisata menggelar event PORTINA (Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia). 

"Di PALU kita setelah lebaran ini akan mengadakan kegiatan road to Fornas yang berpusat di salah satu destinasi wisata Candi Bumiayu," ungkap Ketua KORMI Kabupaten PALI Firdaus Hasbullah SH yang juga Ketua DPW PKG (Perkumpulan Gerakan Kebangsaan) Sumsel usai buka bareng dengan puluhan anak yatim panti asuhan di Mabes Coffe and Resto Jl Demang Lebar Daun, Jumat (15/4/2022) kemarin.

Menurutnya, KORMI Kabupaten PALI terus mensosialisasikan Fornas VI yang akan diselenggarakan di bulan Juli 2022.

"Kita mengadakan road to Fornas berupa kegiatan mencari bibit atlet salah satu di samping kita mengeksplore untuk pariwisata karena KORMI ini berkaitan dengan pariwisata," terang pria yang akrab disapa FH. 

FH menjelaskan KORMI ini memiliki kegiatan olahraga tradisional yang menumbuhkembangkan olahraga-olahraga tradisional seperti permainan engrang, kelereng, main ketapel, layang-layang, dan lain-lain. 

Event Inorga PORTINA yang akan digelar usai lebaran nanti, kata FH yang berprofesi selaku advokat ini menyebut PORTINA yang banyak bersentuhan dengan olahraga tradisional dengan melibatkan seluruh masyarakat yang berada di desa, kecamatan. 

"Nanti kita gandeng Dinas Pariwisata karena berkaitan dengan pariwisata juga mengeksplore destinasi wisata," jelasnya. 

Firdaus juga memastikan akan mengirim atlet asal Bumi Serepat Serasan untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) pada Juli 2022 mendatang, di Provinsi Sumatera Selatan.

"Kita akan mengirimkan atlet PALI untuk memperkuat Sumsel pada Fornas VI nanti. Salah satunya Inorga IODI (Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia) juara II Kejurprov. Bentar lagi kita ada FOKBI (Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) yang senam poco-poco," ujarnya. 

Menurutnya, di setiap desa itu mengenal Inorga senam poco-poco ini sehingga sekarang tidak susah mensosialisasikan, apalagi mencari bibit untuk disumbangkan memperkuat Provinsi Sumatera Selatan. 

"Kami yakin di PALI ada beberapa atlet yang kita siapkan. Salah satunya juga dari Inorga AKTI (Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia), IODI, poco-poco, Pelangi (Perkumpulan Pelayang Indonesia)," pungkasnya. (Abdul Hafiz) 

 

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved