Sediakan Listrik Andal, Cara PLN Dukung Peningkatan Ekspor Biji Pinang dari Kota Jambi ke Pakistan

”Ini (pinang) adalah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, India, Iran, China, hingga Pakistan.

Editor: Yandi Triansyah
Dokumen PLN
Sebanyak 126 ton pinang biji kering senilai Rp 4 miliar asal Jambi dilepas oleh Presiden Joko Widodo ke Pakistan pada Kamis (07/04). 

SRIPOKU.COM, Muaro Jambi - Dukung program pemerintah dalam hal peningkatan produktivitas pertanian, PLN siap menyediakan listrik andal untuk kegiatan operasional eksportir Biji Pinang yang mengirimkan hasil panennya dari Kota Jambi ke Pakistan.

Sebanyak 126 ton pinang biji kering senilai Rp 4 miliar asal Jambi dilepas oleh Presiden Joko Widodo ke Pakistan pada Kamis (07/04).
Jokowi berharap pengembangan hasil tanaman itu terus ditingkatkan demi menjadikannya sebagai komoditas ekspor penopang perekonomian Indonesia.

”Ini (pinang) adalah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, India, Iran, China, hingga Pakistan. Kita harapkan tumbuh menjadi komoditas ekspor besar,” ucap Jokowi saat melepas ekspor pinang biji di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Ali Jamil, Direktur Jenderal Perkebunan Kementan megungkapkan, selama ini ekspor pinang kerap ditolak negara importir karena terpapar aflatoksin (racun) yang dapat timbul akibat kelembaban tinggi.

Untuk terus memperbaiki kualitas olahan pinang sesuai standar, teknologi pengeringan harus terus didorong.

Menanggapi hal tersebut, Hanfi Adhrean, Manager UP3 Jambi yang tengah bersiaga menjaga keandalan listrik saat kujungan presiden mengatakan bahwa PLN siap mendukung kegiatan operasional dan upaya peningkatan ekspor biji pinang dari Kota Jambi melalui penyediaan listrik yang andal.


“Peningkatan ekspor biji pinang ini memerlukan teknologi pengering dalam kegiatan operasionalnya.

Optimalisasi peralatan/teknologi tersebut tentunya membutuhkan listrik.

Dalam hal ini, kami siap menyediakan listrik yang andal sehingga peningkatan hasil panen bisa dicapai.
Selain itu, kami juga menyambut baik jika ada peluang pengembangan electrifying agricultur yang mungkin dapat diterapkan pada kegiatan pertanian biji pinang ini.” ungkap Hanfi.

Keandalan listrik PLN di Kota Jambi dalam mendukung upaya ekspor biji pinang telah diuji saat penyelenggaraan acara pelepasan biji pinang langsung oleh Presiden Jokowi.

PLN telah menyiapkan listrik yang andal dengan memprioritaskan penyulang di lokasi pelepasan ekspor biji pinang, daerah Pasar Angso Dio, Candi Kedaton, dan Pasar Bedug Jalan Asaat yang menjadi titik fokus kunjungan presiden beserta jajaran.

Tim PLN juga telah menyiapkan skema back up genset sebagai upaya antisipasi gangguan dan menyiagakan tim emergency untuk dapat bergerak cepat tanggap.

“Mensukseskan acara ini juga merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Terlebih lagi, eksportir biji pinang ini merupakan pelanggan PLN dengan daya 164kVa dan acara yang dilangsungkan juga tingkat nasional dimana Pak Presiden terjun langsung” tutup Hanfi.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved