Buya Menjawab

Tata Cara Menyambut Malam Nisfu Syaban

Pengurus masjid di Plaju Palembang, mau bertanya. Bagaimana tata cara menyambut malam Nisfu Sya’ban?

Editor: Bejoroy
Instagram
Nisfu Syaban. 

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
Apa kabar Buya? Ini pengurus masjid di Plaju, mau bertanya. Bagaimana tata cara menyambut malam Nisfu Sya’ban? Terimakasih.
08136726xxxx

Baca juga: Doa Buka Puasa Nisfu Syaban Dari Mulai Latin Arab Lengkap Terjamahan Bahasa Indonesia

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap Latin Arab dan Terjemahan Beserta Waktu Pelaksanaan Puasa

Jawaban:
Waalaikumsalam Wr. Wb
Alhamdulillah kabar baik. Untuk Nisfu Sya'ban, tata cara menyambutnya dengan membaca do’a Nisfu Sya’ban yang diawali dengan;
1. Mendirikan sholat Maghrib berjamaah dan sholat sunnat Ba’diya Maghrib.

2. Setelah sholat sunnat Ba’diya, dilanjutkan dengan membaca surah Yaasiin sebanyak 3 kali dengan niat; pertama, meminta panjang umur untuk beribadah kepada Allah Swt. Niat kedua, meminta diberi rezeki yang banyak dan halal sebagai bekal beribadah kepada Allah Swt. Dan niat ketiga memohon dikuatkan iman.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

3. Dilanjutkan dengan sholat sunnat Tasbih. (sholat Sunnat Tasbihnya boleh dilakukan setelah Sholat Isya), atau sholat di malam yang kelima belas bulan Sya’ban seratus rakaat, tiap-tiap dua rakaat satu salam, setiap rakaat sesudah surah al-Fatihah membaca surah al–Ikhlas sepuluh kali, atau jika mau melaksanakan sholat sepuluh rakaat, maka setiap rakaat membaca sesudah sura Al-Fatihah baca surah al-Ikhlas seratus kali.

Sholat ini riwayatnya dari Hasan Basri ia berkata: ”Menceritakan kepadaku oleh tiga puluh sahabat Nabi Shollallahu alaihi wasallam bahwasanya Nabi Shollallahu alaihi wasallam bersabda; ”Barang siapa yang mengerjakan smbahyang ini pada malam kelima belas dari pada bulan Sya’ban ini niscaya menilik (memandang) Allah Taala kepadanya tujuh puluh tilik rachmat dan memberi ia baginya tiap-tiap satu tilik kepadanya itu akan tujuh puluh hajat dan sekurang-kurangnya di ampuni dosanya.”

Menurut Syekh Abdul Qodir Jailani, sembahyang ini dinamai sholatul khoir, yakni sembahyang kebajikan dan ma’ruf berkatnya itu dan adalah orang yang soleh dahulu mengerjakan sembahyang ini berjamaah berhimpn merka itu baginya dan amat besar pahalanya. Ini diriwayatkan juga dari Hasan Basri. (Sairus-Salikin,Syekh Abdus-shamad al-Falimbani, Juz Pertama Darussalam Yasin Banjar Baru Kalimanta Selatan 2010 hlm.259-20)

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/

4. Membaca doa' Nisfu Sya’ban setiap setelah membaca surah Yaasiin.

Di dalam keterangan Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra. Rasulullah Saw. bersabda: ”Pada malam Nisfu Sya’ban Jibril As. mendatangiku dan berkata: ”Wahai Muhammad! Malam ini dibukakan pintu-pintu langit dan pintu-pintu Rakhmat, maka berdiri dan sholatlah, angkat kepalamu dan kedua tanganmu ke langit. Maka aku bertanya kepada Jibril As. Wahai Jibril, malam apa ini? Maka Jibril berkata: ”Malam ini dibukakan pintu-pintu sebanyak 300 pintu Rakhmat, maka Allah Swt. mengampuni orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, kecuali tukang sihir, atau nujum, atau pendendam, atau orang yang dawam minum khamar (peminum) atau orang yang membiasakan berzina, atau pemakan riba, atau orang yang durhaka kepada orang tua, atau orang yang suka adu domba, atau orang yang memutuskan silaturrahim, . Maka sesungguhnya mereka tidak diampuni Allah Swt. sampai mereka bertaubat dan meninggalkan kebiasan mereka. Maka Nabi Muhammad Saw. keluar ke masjid beliau sholat dan menangis di dalam sujudnya dan berdo’a: ”ALLAHUMMA INNI A’UUZUBIKA MIN ‘IQOOBIKA WA SAKHOTIKA WALAA UHSHII TSANAA AN ‘ALAIKA ANTA KAMAA ASTNAITA ‘ALAA NAFSIKA FALAKAL HAMDU HATAA TARDHO”.(zubadatil waa ‘iisziin). Demikian yang sudah dilakukan oleh kaum Muslimin dalam menyambut malam Nisfu Sya’ban. (*)

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved