Lapor Mang Sripo

Penerapan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) Tanpa Kelengkapan Rambu

Pemberlakuan tilang elektronik atau ETLE semakin gencar diberitakan di me­dia cetak dan elektronik bahkan media sosial.

Penulis: Mat Bodok | Editor: Bejoroy

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth Kapolda Sumsel atau pihak terkait dalam Penerapan ETLE. Pemberlakuan tilang elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) semakin gencar diberitakan di me­dia cetak dan elektronik bahkan media sosial. Penerapannya mulai berlaku per tanggal 1 Januari, 2022 lalu.

Yang ingin saya sarankan kepada pihak yang berkompeten agar terlebih melengkapi sarana dan pra­sarana. Salah satu contoh belum lengkapnya rambu–rambu di sebagian jalan yang akan diberlakukan ETLE.

Salah satu contoh unsur yang dikenakan tilang terkait Marka Jalan dan pembagian lajur untuk lajur cepat, lajur sedang, lajur sepeda motor. Malah seperti sepanjang Jalan Kol Burlian, pengendara sepeda motor banyak yang gunakan lajur paling kanan.

Hal itu disebabkan tidak ada rambu-rambu untuk itu. Dan tidak pada tempatnya kalau mereka dianggap melanggar tata tertib lalu lintas sementara rambu-rambunya tidak ada. Mohon jadi perhatian pihak berkompeten utk menindak lanjutinya agar pengendara tidak terjebak dengan tilang elektronik.

Terima kasih 08537643xxxx

Baca juga: Perlu Inten Sosialisasi Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE)

Baca juga: Jumlah Pelanggar yang Tertangkap Alat ETLE di Palembang, Per Hari Bisa Ribuan

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Logo instagram.com/sriwijayapost/

Jawab:
Tunjukan Jalan Tak Ada Rambu

Terima kasih, mana yang harus saya jawab. Untuk diketahui, penerapan tilang elektonik mulai berlaku melainkan 1 Februari 2022. Kemudian apa yang harus dilengkapi sarana dan prasarana di Jalan Lalulintas di Kota Palembang Sumatera Selatan sudah sejak dulu sudah ada.

Walaupun memang belum ada terpasang rambu-rambu jalan, tolong ditunjukan di kawasan mana yang belum ada dan bisa kita tindaklanjuti dan kita laporkan ke bagian bidangnya untuk melengkapi.

Mengenai unsur tilang di marka jalan dan pembagian jalur bagi kendaraan bermotor. Tentunya, bagi masyarakat yang mengendarai kendaraan motor atau mobil sudah memahami aturan-aturan dalam perjalan Jalan Raya, karena memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Aturan berlalulintas di Indonesia ini sama, tidak ada bedanya Palembang maupun di tempat lainnya.

Sudah jelas aturan berkendaraan untuk jalur ada dua yakni, Jalur Kiri untuk kecepatan lambat, dan jalur kanan untuk mendahului. Sedangkan lajur jalan kendaraan harus melihat kondisi arah jalan dengan memberi tanda lampu sein kiri atau kanan kendaraan Anda mau kemana. Yang pastinya pengendara yang benar-benar mengantongi SIM bisa membedakan mana Jalur Cepat, Jalur Lambat dan Lajur Jalan kendaraan. Setiap pengendara yang ada SIM, jelas mereka tahu peraturan berlalulintas. (mbd)

Kombes Pol M Pratama Adhyasastra SIk SH
Dirlantas Polda Sumsel

Jangan lupa subscribe, like dan share channel TikTok Sriwijayapost di bawah ini:

Logo TikTok Sripoku.com
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved