Kata Gubernur Sumsel Jika Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Herman Deru: Sudah Ditunggu Banyak Orang

Soal pandemi jadi Covid-19, Gubernur Sumsel mengaku masih menunggu arahan pusat. Jika iya, kita siap.

Editor: Refly Permana
Sripoku.com/Tria Agustina
Ilustrasi pandemi, epidemi dan endemi 

Penulis: Linda

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Berbagai kelonggaran telah dilakukan pemerintah Indonesia seperti perjalanan darat, laut dan udara tidak wajib PCR serta tes antigen, asalkan sudah vaksin lengkap.

Terlebih kasus harian Covid-19 trennya menurun, sehingga ini sejalan dengan siap-siap menuju status dari pandemi ke endemi. 

Menanggapi hal tersebut menurut Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, ini bukan hanya sekedar bersiap-siap, tapi memang sudah menjadi harapan semua.

"Memang sudah menjadi harapan kita agar Covid-19 ini segera lenyap, tentunya harapan tersebut dilakukan dalam bentuk upaya-upaya pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai dengan tingkat desa," kata Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur.

Menurut Deru, upaya yang dilakukan seperti memproteksi warga agar tidak terjangkit dan yang terjangkit segera sembuh.

Dalam upaya tersebut seperti ada juga kebijakan-kebijakan administrasi, dan aktivitas misal adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kalau dulu ada pernah namanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan itu kini sudah terlihat hasil-hasilnya.

"Kalaupun setatus pandemi ini berubah menjadi endemi, tentunya itu kewenangan pemerintah pusat.

Kita selaku gubernur di provinsi dan yang di kabupaten/kota akan menjalankan perintah tersebut sebaik-baiknya," kata Deru

Sebab menurutnya, ini tentunya harus dijalankan secara sistematis terlebih endemi juga ada protokolnya, nanti itu tentunya akan disampaikan detailnya, agar kesehatan masyarakat tetap terjaga.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved