Mulai Bulan Depan, Harga Mobil Naik, Dampak Naiknya PPN dan Pajak Emisi Gas Buang

Masyarakat yang akan membeli mobil disarankan membeli mobil sekarang karena bulan depan atau April pemerintah akan memberlakukan

Editor: adi kurniawan
Tribunsumsel/Tatik
Pegawai TAG menunjukkan mobil yang ready di showroom tersebut. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masyarakat yang akan membeli mobil disarankan membeli mobil sekarang karena bulan depan atau April pemerintah akan memberlakukan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari semula 10 persen menjadi 11 persen atau naik 1 persen. 


Berbarengan dengan itu juga pemerintah akan mulai memberlakukan pajak berdasarkan gas buang kendaraan atau emosi Euro 4 sehingga kedua pajak ini cukup besar bahkan bisa mencapai belasan hingga Rp 30 jutaan. 


"Pemerintah juga sudah memastikan tahun ini lebaran boleh mudik jadi waktu yang tepat beli mobil sekarang sebelum kedua pajak tersebut diberlakukan bulan depan karena selisih harganya cukup besar," kata Kepala Cabang Tunas Auto Graha (TAG) Hadi Maryanto, Jumat (4/3/2022). 


Kebijakan penerapan pajak emosi gas buang atau segera Euro 4 ini berlaku untuk mobil Innova, Fortuner, Haice, Hilux, Dyna dan lainnya. 


Hadi mencontohkan mobil kenaikan harga pada mobil Toyota Fortuner dari harga awal saat ini Rp 610 juta. Jika diberlakukan pajak 1 persen maka naik Rp 6 juta dan pajak Euro 4 senilai Rp 7 jutaan sehingga total kenaikan harga mobil Rp 13 juta sehingga total harga yang harus dibayar konsumen yakni Rp 623 juta. 


Selain itu membeli mobil sekarang juga agar saat lebaran sudah bisa digunakan untuk berpergian atau mudik karena mengurus STNK dan nomor polisi kendaraan juga memakan waktu hingga satu bulan lamanya. 


Tunas Auto Graha (TAG) juga memberikan promo best deal dengan mengundang calon konsumen datang setiap Jumat dan Sabtu ke showroom untuk melihat sendiri mobil yang akan dibeli. Pembelian langsung saat open house ini akan mendapat hadiah langsung produk elektronik seperti air fryer, magic com, kompor listrik, jam kesehatan, headset bluetooth dan voucher variasi senilai Rp 500 ribu yang akan diundi pada lucky draw sehingga mendapatkan satu dari banyak hadiah elektronik tersebut. 


"Setiap lahir pekan kita open house hingga Lebaran sehingga memudahkan konsumen membeli mobil dan juga banyak hadiah langsung yang disiapkan untuk pembelian langsung di lokasi," tutup Hadi.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved