'Wah Ini Keren', Ganjar Pranowo Ikut Gundul saat Peringati Hari Kanker Anak Sedunia

“Jadi, kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apapun kan bisa tumbuh lagi. Tapi, membangun empati solidaritas menurut saya penting,”

Editor: Yandi Triansyah
@ganjarpranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo gundul saat memperingati hari kanker sedunia, Senin (28/2/2022) 

SRIPOKU.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti kegiatan Berani Gundul 2022 dengan mencukur habis rambutnya di rumah dinasnya, Senin(28/2/2022).

Aksi itu ia lakukan untuk memperingati Hari Kanker Anak Sedunia.

Dalam keterangannya, Ganjar secara virtual turut memberikan sambutan dan menyapa sejumlah anak penderita kanker dari Manado, Surabaya hingga Semarang.


“Wah ini keren, sebentar lagi saya ikut gundul nih. Semangat ya,” sapa Ganjar.

Ganjar mengatakan, aksi 'Berani Gundul' yang dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kanker Anak Sedunia ini wujud dari empati dan solidaritas pada para penyintas kanker.

“Jadi, kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apapun kan bisa tumbuh lagi. Tapi, membangun empati solidaritas menurut saya penting,” kata dia.

Sejak 2019, Ganjar telah berpartisipasi meski tak ikut gundul dan hanya memotong sedikit dari rambutnya sebagai simbolis.


“Solidaritas gaya anak-anak muda itu menurut saya keren, membangun empati dengan berani gundul kemudian memberikan donasi,” tutur dia.

Tak hanya ikut aksi, Ganjar juga turut memberikan donasi.

Bahkan, salah satu peserta yang merupakan seorang ibu bernama Ulin ikut bergabung melakukan aksi cukur gundul yang diadakan serentak di Mal Paragon Kota Semarang.

Berdasarkan laporan rambut dari ibu tersebut berharga Rp 20.000.000 dan didonasikan untuk anak-anak penderita kanker.

“Tadi lumayan sudah terkumpul mungkin hari ini Rp 70 juta-Rp 80 juta dapat. Mudah-mudahan itu juga akan bisa membantu karena memang anak-anak itu perlu bantuan,” ujar dia.

Soal rambut barunya, Ganjar mengaku sudah beberapa kali cukur gundul dengan menyisakan satu sampai tiga centimeter.

Ganjar merasa lebih ringan dan sejuk. Ketika ditanya, hanya satu kata yang dikatakan Ganjar. “Isis, (semilir),” seloroh dia.

Dalam kesempatan itu Andy F Noya berterima kasih pada Ganjar yang berkenan mengikuti aksi Berani Gundul. Andy berharap, aksi Ganjar memantik kepala daerah lain sehingga donasi yang didapat juga makin banyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved