Tak Perlu ke Kantor, Pindah Faskes BPJS Kesehatan Bisa Online Lewat Telepon & Mobile JKN

Peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah melakukan perpindahan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama secara online maupun offline dengan mudah

Penulis: Jati Purwanti | Editor: adi kurniawan
sripoku.com/maya
Aplikasi Mobile JKN. 

SRIPOKU.COM - Peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah melakukan perpindahan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Pindah faskes pun bisa dilakukan secara online dan offline.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama merupakan tempat layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang sedang sakit.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama atau FKTP terdiri dari puskesmas atau yang setara, praktik dokter, praktik dokter gigi, klinik pratama atau yang setara, dan Rumah Sakit Kelas D atau yang setara.

Mengutip Kontan, perpindahan faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan perlu diketahui oleh masyarakat yang tidak puas dengan layanan di faskes atau harus pindah domisili.

Selain itu, ada juga jejaring FKTP yakni bidan, apotek jejaring, dan laboratorium jejaring, dan atau fasilitas kesehatan penunjang yang bekerjasama langsung dengan BPJS Kesehatan.

Fasilitas penunjang tersebut di antaranya adalah apotek PRB dan laboratorium. Lantas, bagaimana cara pindah faskes BPJS Kesehatan online dan offline?


Perubahan atau pindah faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu setelah tiga bulan peserta terdaftar di FKTP sebelumnya, dan mulai berlaku pada tanggal satu pada bulan berikutnya.

Jika pindah faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan dilakukan pada bulan berjalan maka peserta tetap dilayani di faskes lama. Dikutip dari Panduan Layanan bagi Peserta JKN-KIS Edisi Tahun 2020.

Persyaratan Pindah Faskes

Adapun dokumen yang harus disertakan untuk pindah faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan:

- Asli Kartu JKN-KIS seluruh peserta yang akan berubah FKTP

- Asli/Fotocopy Kartu Keluarga.


Selanjutnya, peserta dapat melakukan perubahan FKTP atau pindah faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan jika kurang dari tiga bulan pada FKTP sebelumnya, dengan kondisi sebagai berikut:

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved