DIJAGOKAN Rebut Kursi Capres, Elektabilitas Puan di Bawah 1 Persen, Ganjar Pranowo Melesat

Puan Maharani mendapatkan perolehan sebanyak 0,6 persen atau di bawah satu persen sebagai calon presiden pilihan

Editor: Wiedarto
Dok. tim Puan Maharani via KOMPAS.com/KOMPAS.com Mochamad Sadheli
Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani berada di paling bawah dalam survei yang dilakukan Litbang Kompas.

Puan Maharani mendapatkan perolehan sebanyak 0,6 persen atau di bawah satu persen sebagai calon presiden pilihan jika Pemilu dilakukan saat ini.

Hasil survei tersebut, menunjukkan elektabilitas Puan Maharini belum sekuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pasalnya, elektabilitas Prabowo berada paling atas yang mendapat 26,5 persen, disusul Ganjar Pranowo di posisi 20,5 persen.

Rendahnya elektabilitas Puan bukan hanya diungkap oleh survei Litbang Kompas.
Sejumlah lembaga survei pun menunjukkan elektabilitas Puan masih rendah.

Misalnya, berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Jawa Barat pada 5-8 Februari, elektabilitas Puan juga hanya mencapai 0,8 persen dalam simulasi tertutup 10 nama.

Sementara itu, Survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada 9 Januari 2022 menunjukkan elektabilitas Puan berada di peringkat ke-9 dengan perolehan 1,8 persen.

Puan juga duduk di peringkat ke-9 dalam survei Charta Politika dengan simulasi 10 nama yang dirilis pada 20 Desember 2021.

Di mana ketua DPP PDI-P itu mengantongi elektabilitas 1,1 persen.

Lalu, apakah kira-kira PDIP bakal tetap memberikan tiket capres kepada Puan?

Pengamat Sosial-Politik dari Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa pun memberikan pandangannya.

"Saya kira survei kompas ini setidak-tidaknya menjadi refleksi tren politik terkini dan jika ini dijadikan referensi maka sudah jelas kandidat Capres terkuat di PDIP ya Ganjar bukan Puan," ujarnya kepada Tribunnews.com, Rabu (23/2/2022).

"Terus terang bila PDIP punya target menang dan cari aman di 2024 preferensi terbaik Capres itu ada di Ganjar bukan Puan apalagi jika PDIP dan Megawati ingin clean victory maka Ganjar tinggal diperkuat brandingnya ke publik," tambahnya.

Menurut Herry, bila dilakukan kalkukasi politik berdasarkan rilis sejumlah lembaga survei, jika PDIP bersikeras memajukan Puan, menurutnya, posisi idealnya adalah sebagai cawapres.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved