Lapor Mang Sripo

Kondisi Ekstrem Masih Akan Terus Ter­jadi

Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sedang meng­alami musim hujan, dengan puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari -Fe­b­ruari 2022.

Penulis: Mat Bodok | Editor: Bejoroy
Tribunjogja.com
Ilustrasi musim hujan. 

SRIPOKU.COM -- Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan melalui Lapor Mang Sripo dan per­tanyaan yang senada pernah saya tanggapi beberapa waktu lalu.

Dapat dije­laskan ba­h­wa pada bulan Desember lalu, wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sedang meng­alami musim hujan, dengan puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari -Fe­b­ruari 2022. Beberapa hari terakhir, terpantau kondisi cuaca tidak menentu, hal ini dipengaruhi oleh berbagai fenomena at­mosfer, salah satunya merupakan aktif­nya aktivitas siklon tropis di Wilayah Selatan.

Namun demikian, sebagaimana rilis resmi BMKG mengenai aktifnya fenomena La Nina pada akhir 2021 dan berpotensi bertahan hingga awal tahun 2022, di mana se­cara umum dapat me­mi­cu peningkatan curah hujan di Wilayah Sumsel.

Ber­ke­naan dengan kondisi tersebut, potensi peningkatan curah hujan dan jumlah hari hu­jan dengan kondisi ekstrem masih akan terus ter­jadi di Wilayah Sumsel hingga Maret 2022 yang dapat diikuti oleh peningkatan po­tensi terjadinya bencana hidro­me­teorologis seperti banjir dan longsor serta munculnya genangan-genangan pada ru­as-ruas jalan dan kawasan tertentu. Untuk itu, kami menghimbau kiranya lang­kah-langkah antisipatif dapat dilakukan bersama guna meminimalisir potensi ben­ca­na tersebut. (mbd)

Floren SA. Silalahi, S.Tr.
Prakirawan BMKG SMB II Palembang

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved