Minyak Goreng Dijual 14 Ribu, Masyarakat Jangan Panik Habis: Ada 1,5 Miliar Liter Seluruh Indonesia

Masyarakat tak perlu panik akan ketersediaan minyak goreng murah yang dipatok Rp 14 ribu yang mulai diberlakukan hari ini, Rabu (19/1/2022). 

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Refly Permana
Tribunsumsel.com/Linda Trisnawati
Herman Deru turut menjual minyak goreng di Pasar Murah di Pasar Alang-alang Lebar Palembang, Rabu (12/1/2022). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masyarakat tak perlu panik akan ketersediaan minyak goreng murah yang dipatok Rp 14 ribu yang mulai diberlakukan hari ini, Rabu (19/1/2022). 

"Kalau keterbatasan stok nggak. Stok tersedia. Sebetulnya kebijakan ini sudah banyak diantisipasi oleh pihak-pihak produsen, Kementerian. 

Kebijakan minyak goreng dijual 14 ribu ini diyakini tidak adalah kekurangan stok. Kebijakan ini disiapkan untuk 1,5 milyar liter seluruh Indonesia," ungkap Ahmad Rizali kepada Sripoku.com.

Jeme Pagaralam yang tanggal 25 Januari nanti baru akan genap setahun menjabat Kepala Dinas Perdagangan Sumsel ini menjelaskan untuk pemberlakuan minyak goreng satu harga yakni Rp 14 ribu memang diberlakukan baru untuk pasar ritel modern mulai hari ini

"Yang untuk pasar ritel modern mulai hari ini, Rabu (19/1/2022). Nah untuk pasar tradisional diberi kelonggaran sampai dengan dengan tanggal 26 Januari," kata mantan Dosen Unsri. 

Rizali yang sebelumnya menjabat Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sumsel mengatakan memang pemerintah memberikan waktu seminggu penyesuaian kepada pedagang pasar tradisional. 

"Nanti kita akan ada pengawasan hari pertama dan kedua ini kan masih penyesuaian dululah. Kalau nanti mulai dari Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) juga dalam dua hari ini menginstruksikan agar mereka semua menyesuaikan dengan kebijakan ini.

Di hari ketiga mungkin sudah rapilah ya," kata mantan sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Meski bakal memberikan tindakan tegas kepada pedagang yang dianggap bandel terhadap kebijakan penyesuaian harga ini, namun Rizali yakin para pedagang akan mendukung. 

"Yang pertama kita ingatkan dululah ya. Kalau diingatkan sekali, dua kali nggak (digubris), baru ada tindakan.

Tapi saya baru bertemu teman-teman Aprindo, semua oke, semua mendukung," ujar Rizali yang pernah menjadi Pjs Bupati Musi Rrawas. 

Pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga untuk seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu juga sudah dipastikan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel bahwa di wilayahnya pun seluruh ritel sudah memberlakukan harga yang sama yakni Rp14.000 per liter.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved