Apa Itu Slot Orbit 123 BT, Proyek Satelit yang Rugikan Negara Ratusan Miliar : Kedaulatan Terancam

Berikut Sripoku.com merangkum apa itu Slot Orbit 123 BT beserta penting dan bahaya jika tak ada satelit pengganti yang mengisi slot itu?

Kolase Sripoku.com
Presiden Jokowi dan Ryamizard Ryacudu 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Dugaan tindak pidana korupsi pada proyek penyewaan satelit di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) antara 2015-2021 kian mencuat.

Menteri Pertahanan periode 2014-2019 Ryamizard Ryacudu mengatakan, ada ancaman kedaulatan terhadap negara apabila slot obrit 123 Bujur Timur (BT) ini tak segera diselamatkan.

Namun menurut Ryamizard, ada beberapa yang tidak sesuai secara normatif.

Karena itu, Presiden Joko Widodo pun mengeluarkan diskresi atau perintah kepadanya untuk menyelamatkan slot orbit yang berada di atas Sulawesi itu.

"Pertama karena ada diskresi dan kedua, ada ancaman kedaulatan kalau itu tidak dilakukan," ujar Ryamizard dikutip dari Kompas.id, Senin (17/1/2022).

Mahfud MD Akhirnya Akui Jokowi Terlibat di Satelit Kemenhan, Presiden Kecolongan : Kontrak Duluan

Ryamizard mengakui bahwa Kementerian Pertahanan (Kemenhan) saat memanfaatkan slot orbit pada 2015 belum mempunyai anggaran.

Berikut Sripoku.com merangkum apa itu Slot Orbit 123 BT beserta penting dan bahaya jika tak ada satelit pengganti yang mengisi slot itu?

Apa itu Slot Orbit 123 BT

Slot Orbit 123 derajat Bujur Timur (BT) adalah salah satu dari tujuh wilayah angkasa yang diberikan oleh International Telecommuncation Union (ITU), badan regulator radio dan telekomunikasi international yang berada di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Slot ini sebenarnya diisi Satelit Garuda-1 yang mengitari kawasan yang berada di atas langit Sulawesi itu sejak 12 Februari 2000.

Namun pada 19 Januari 2015, Garuda-1 keluar orbit setelah bertugas selama 15 tahun.

Satelit Garuda dioperasikan oleh AceS, perusahaan internasional yang dimiliki bersama oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Lockheed Martin Global Telecommunication (LMGT), Phillippine Long Distance Company (PLDT) dan Jasmine Internasional Public Company Ltd.

Seberapa penting?

Pengisian slot orbit 123 BT ini amat penting bagi pertahanan negara Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved