Breaking News:

Bayi Kembar Siam

Kondisi Terkini Bayi Kembar Siam yang Lahir di RSMH Palembang, Tim Dokter Lakukan Observasi

Usai operasi persalinan bayi kembar siam tersebut, saat ini kondisi ibu bayi dalam keadaan stabil dan tengah dalam proses pemulihan pascaoperasi.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Refly Permana
Tangakapan layar Youtube RSMH Info Public
Operasi persalinan bayi kembar siam di RSMH Palembang, Jumat (14/1/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Tim dokter kandungan dan kebidanan di RSMH palembang berhasil melakukan operasi persalinan bayi kembar siam pada Jumat (14/1/2021).

Bayi kembar siam yang dilahirkan tersebut memiliki dua kepala pada satu tubuh.

"Bayi dengan satu batang tubuh tetapi dua kepala dengan satu jantung. Organ lain double seperti ginjal, paru-paru," ujar Dokter Spesialis Ahli Kandungan dan Kebidanan RSMH Palembang, Dr. Abarham Martadiansyah.

Menurut Abarham, operasi persalinan tahun ini merupakan operasi pertama untuk, sedangkan di tahun lalu telah ada empat kali operasi serupa dengan metode operasi sesar.

Usai operasi persalinan tersebut, saat ini kondisi ibu dalam keadaan stabil dan tengah dalam proses pemulihan pascaoperasi. Sementara, si bayi dibutuhkan perawatan lebih intensif di Intensive Care Unit (ICU).

"Anak (bayi) di NICU dirawat oleh dr Indrayadi," kata Abarham.

Menurut Abarham, pemisahan bayi kembar siam dengan satu organ jantung tidak memungkinkan sehingga akan dilakukan observasi untuk melihat kemampuan bayi untuk dapat bertahan hidup.

"Nanti akan dilakukan pemeriksaan ulang menyeluruh mengenai organ janin apakah satu jantung tersebut memenuhi suplai nutrisi dan oksigenasi.

Jadi, nanti akan ada pemeriksaan lebih lanjut mengenai organ vital," jelasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved