Breaking News:

Buaya Sering Terlihat di Muba Beberapa Bulan Ini, BKSDA Sumsel Imbau Masyarakat Waspada

Beberapa bulan ini, muncul penampakan buaya di Muba. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel meminta masyarakat hati-hati.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Refly Permana
handout/sripoku.com
Seekor buaya ketika diamankan oleh masyarakat Kecamata Lalan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Beberapa bulan ini, muncul penampakan buaya di Muba. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumsel, Yusmono S.Hut, MSi, menyebutkan sering munculnya buaya pada beberapa bulan terakhir bisa disebabkan beberapa faktor.

Seperti habitat terganggu dan sumber makanan yang sudah mulai menipis. 

“Buaya yang sering dijumpai dan sudah mendekat ke pemukiman warga menurut kami hal ini bisa disebabkan beberapa faktor.

Pertama, ketersediaan pakan buaya di habitat asalnya sudah berkurang sehingga mereka menjelajah hingga ke dekat aktifitas warga,” ungkapnya.

Kemudian habitat buaya telah mengalami kerusakan akibat aktifitas manusia, selain itu, aktivitas manusia yang semakin berkembang hingga mencapai lokasi yang selama ini menjadi habitat buaya.

“Faktor-faktor tersebut yang menyebabkan buaya sering mendekati pemukiman warga. Namun, masyarakat tidak perlu panik, cukup menjauh saja,”ujarnya.

Disinggung mengenai fenomena seperti ini bertahan lama karena masyarakat cukup khawatir. Dirinya menyebutkan tergantung kondisi habitas buaya. 

“Tergantung apakah di lokasi tersebut banyak tersedia pakan buaya atau tidak. Kalau disitu banyak pakannya buaya akan ke situ terus kalo tidak buaya akan pergi mencari tempat lain,”jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved