Breaking News:

Ribuan Hektar Sawah di OKI Terendam Banjir Jelang Musim Tanam, Petani Mencoba Ikhlas

"Sudah hampir sebulan ini banjir merendam sehingga tidak bisa digarap. Padahal pada bulan Februari sudah masuk musim tanam,".

Editor: Refly Permana
tribunsumsel.com/nando
Sawah di OKI terendam banjir. 

Penulis: Nando

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Diperkirakan lebih dari seribu hektar sawah di Kecamatan Lempuing Jaya terendam banjir. Akibatnya para petani bakal merugi dengan banjir terus merendam sawah mereka

Salah satu lokasi sawah terendam banjir berada di Muara Burnai 2 terjadi hingga Selasa (11/1/2022) siang. Adapun ketinggian air beragam mulai 60-100 sentimeter. 

"Sudah hampir sebulan ini banjir merendam sehingga tidak bisa digarap. Padahal pada bulan Februari sudah masuk musim tanam," ucap Roslan warga yang memiliki sawah di lokasi.

Masih kata Roslan, jika dirinya bersama puluhan petani lainnya harus mengikhlaskan persawahan digenangi air. Karena hujan yang turun terus menerus selama sebulan terakhir.

"Di sini memang setiap tahun selalu banjir, tetapi untuk tahun ini durasinya lebih lama dan kedalaman di atas 1 meter. Bahkan sampai jalan penghubung terendam," sebutnya.

Di lokasi yang sama, Kades Muara Burnai 2 Efriyadi, membenarkan jika ratusan hektar sawah di desanya terendam banjir.

"Total lahan warga terendam banjir disini ada 191 hektar. Selain itu ada puluhan hektar perkebunan karet yang juga digenangi air," terang Kades.

"Mudah mudahan banjir segera surut, cuaca ekstrem segera terlewati dan masyarakat kami bisa beraktivitas kembali," tambahnya.

Sementara itu, Camat Lempuing Jaya, Hendra Anggra S.STP mengatakan sudah dua minggu lamanya kondisi cuaca terasa esktrem, curah hujan juga lebih tinggi tak hanya di wilayah Kecamatan Lempuing Jaya saja namun di daerah lain juga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved