Breaking News:

Gunung Api Dempo Pagaralam Level II, Walikota Alpian Minta Warga Jangan Panik: Terjadi Setiap Tahun

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mendatangi langsung Pos Pengamatan Gunung Api Dempo (GAD) untuk memastikan kondisi terkini GAD tersebut.

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: Refly Permana
sripoku.com/wawan
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, saat mengunjungi Pos Pengamatan GAD. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Peningkatan status Gunung Api Dempo Pagaralam Sumatera Selatan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) menjadi perhatian banyak masyarakat.

Melihat hal ini Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mendatangi langsung Pos Pengamatan Gunung Api Dempo (GAD) untuk memastikan kondisi terkini GAD tersebut.

Hal ini dilakukan Walikota untuk bisa mengetahui kawasan mana saja yang tidak boleh didekati dimassa level II atau waspada ini.

"Saya memang sudah mendapatkan informasi terus dari pihak Pos Pengamatan Gunung Api Dempo melalui telpon.

Namun saya ingin memastikan bahwa kondisi Level II ini masih aman untuk masyarakat sekitar Dempo atau tidak," ujarnya.

Berdasarkan data yang didapat Walikota dari petugas GAD, bahwa radius yang tidak boleh didekati yaitu radius 1 kilometer dari pusat kawah.

"Jika berdasarkan keterangan Pos GAD, kawasan yang tidak boleh didekati itu yaitu di sekitaran kawah Gunung Api Dempo saja untuk saat ini.

Pasalnya ditakutkan adanya hembusan awan atau uap panas," katanya.

Dari data yang didapat untuk itu, kawasan wisata Gunung Dempo dan sekitarnya masih aman untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupuan luar Pagaralam.

"Saat ini dipastikan kawasan Pagaralam serta kawasan wisata Gunung Dempo dan sekitarnya masih aman dikunjungi. Namun tetap harus waspada," tegasnya.

Wako menjelaskan bahwa kenaikkan level GAD ini memang selalu terjadi setiap tahunnya.

Jadi masyarakat tidak perlu panik berlebihan namun tetap waspada sembari terus mencari informasi yang falid terkait status GAD tersebut.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved