Breaking News:

Pencuri Kotak Amal di Lubuklinggau Putuskan Kabel CCTV, Aksinya Viral di Media Sosial

Aksi pencurian kotak amal di Lubuklinggau, kali ini di Masjid Al Ikhlas di Jalan Waringin Lintas, Kelurahan Puncak Kemuning.

Editor: Refly Permana
ISTIMEWA
Ilustrasi pencuri kotak amal. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Aksi pencurian kotak amal di Lubuklinggau, kali ini di Masjid Al Ikhlas di Jalan Waringin Lintas, Kelurahan Puncak Kemuning, dan terekam CCTV.

Aksi pencurian terjadi Sabtu malam sekitar pukul 23.30 WIB ini terjadi saat suasana masjid sedang sepi.

Tak tanggung-tanggung dalam rekaman CCTV pelaku berhasil menggasak tiga kotak amal sekaligus, dan kejadian ini viral di media sosial.

Esa yang merupakan marbot masjid mengatakan mengetahui kotak amal Masjid Al Ikhlas hilang dicuri sekira pukul 03.30 WIB saat hendak menunaikan sholat subuh.

"Tahunya ketika mau sholat subuh melihat pintu belakang menuju tempat wudhu sudah terbuka, ketika menoleh kotak amal sudah tidak ada lagi," ungkap Esa, Minggu (9/1/2022).

Setelah itu, Esa langsung masuk ke kamar melihat CCTV masjid dan melihat kabel CCTV masjid bagian luar sudah putus, namun pelaku lupa bahwa di dalam masjid ada tiga CCTV terpasang.

"Dalam rekaman CCTV terlihat jelas pelaku menggunakan masker dan jaket sweater warna hitam, pelaku awalnya masuk dari samping masjid merusak pintu belakang," ujarnya.

Setelah pintu berhasil dibuka, pelaku langsung berlari mengambil kotak amal besar, sambil berlari pelaku menggotong kotak amal keluar masjid tepatnya ke bibir jurang belakang masjid.

"Setelah itu pelaku kembali lagi mengambil dua kotak amal kecil dan membawanya juga ke belakang masjid, di belakang masjid ini ada seperti jurang, disitu pelaku merusaknya," ungkapnya.

Untungnya tiga kotak amal itu dalam keadaan kosong, kotak amal besar hanya berisi uang recehan pecahan Rp 1000 dan Rp 500, sedangkan dua kotak amal kecil isinya hanya catatan wakaf dari hamba Allah.

"Kemarin Jumat memang kotak amal itu sudah dikosongkan, dan memang setiap hari kotak amal itu selalu saya ambil uangnya kalau pun ada isinya paling sedikit, untuk kemarin hanya sisa uang recehan," paparnya.

Ia menuturkan selama ini kotak amal masjid Al-Ikhlas sudah beberapa kali hilang dicuri, namun semenjak di pasang CCTV aksi pencurian baru dua kali terjadi, untuk yang pertama berhasil digagalkan masyarakat.

"Saat itu cepat ketahuan, pelakunya kabur, untuk yang kedua ini memang posisinya saya pulang ke rumah, karena rumah orang tua saya juga habis kehilangan mesin pompa air, kondisi tempat kami ini belakangan memang rawan sekali," ungkapnya.

Kejadian pencurian ini memang belum dilaporkannya ke Polsek Lubuklinggau Utara, namun, dengan Ketua Masjid Al-Ikhlas sudah tahu, bahkan mungkin juga polisi sudah tahu karena kejadian ini viral di medsos

"Harapannya pelaku cepat tertangkap, karena bisa jadi pelakunya bukan jauh, karena sudah faham situasi dan lokasi masjid, terus tau bila di depan ada CCTV," ujarnya.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved