Breaking News:

Gulirkan Dana Kelurahan, Maksimalkan Pemerataan Pembangunan Hingga Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Camat Lahat, Gemris Palo SIP MM menyebut, untuk tahun 2022 tetap dua macam penggunaan dana kelurahan, pemberdayaan dan pembangunan infrstruktur.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/Ehdi Amin
Camat Lahat, Gemris Palo SIP MM penggunaan dana kelurahan tahun 2022 diperuntukan untuk pemberdayaan dan pembangunan infrstruktur. 

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin


SRIPOKU.COM, LAHAT -- Untuk memberikan dukungan pendanaan bagi kelurahan di kabupaten/kota, pemerintah pusat menggelontarkan dana kelurahan, tak terkecuali di Kabupaten Lahat.

Camat Lahat, Gemris Palo SIP MM menyebut, untuk tahun 2022 tetap dua macam penggunaan dana kelurahan, pemberdayaan dan pembangunan infrstruktur.

Gemris mengatakan, pembangunan menggunakan dana kelurahan tentunya terlebih dahulu melalui musyawarah masyarakat di kelurahan masing-masing.

Apa saja yang menjadi kekurangan dan yang dibutuhkan masyarakat disuatu kelurahan.

"Musyawarah antara pihak kelurahan bersama RT dan RW, tentunya mereka juga melakukan musyawarah dengan warganya masing-masing," kata Gemris, Jumat (7/1/2022). 

Pihaknya kata Gemris tetap memberikan arahan kepada masyarakat, pembangunan apa saja yang diperlukan dan berguna bagi masyarakat.

Kemudian, juga akan dijelaskan pembangunan yang menjadi propritas.

"Tentu apa yang diinginkan masyarakat kita tampung, kalau kami mengarahkan kepada masyarakat apa saja yang perlu, misalnya seperti tentang penanggulangan banjir, tentang kebersihan, hingga untuk peningkatan ekonomi masyarakat, disesuaikan dengan dananya, tapi apabila dananya kurang bisa dilanjutkan di tahun berikutnya" katanya.

Dilanjutkan Gemris, dana kelurahan haruslah berkelanjutan, lalu bermanfaat bagi masyarakat serta bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat.

Misalnya, pembangunan infrastruktur jalan, dampaknya transportasi bisa lancar, bisa menambah pemukiman.

"Kalau berkelanjutan, seperti misalnya bidang usaha, usaha jangan stop, tapi harus terus berlanjut," ujarnya.

Sementara, pembangunan dana kelurahan tahap III di wilayah Kecamatan Lahat atau di 16 kelurahan, semua sudah selesai, tidak ada permasalahan, semua pembangunan direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur.

"Ya alhamdullilah, sudah selesai semua (pembangunan infrastruktur dana kelurahan tahap III), tahap III semuanya pembangunan direalisasikan untuk infrastruktur," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved