Breaking News:

Bangga Apabila BRT Trans Musi Tetap Eksis

Sang Walikota Bugota mengembangkan sebuah sistem angkutan massal yang kemudian terkenal dengan nama Trans Milenio.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Istimewa
Dr H Edi Nur Salam Praktisi Transportasi 

SRIPOKU.COM - Nun jauh di benua Amerika sana, tepatnya di Ibukota Negara Columbia, Bugota, lahir sebuah ide brilian untuk mengatasi masalah transportasi dari seorang Walikota Bugota waktu itu, Penalosa Namanya.

Sang Walikota mengembangkan sebuah sistem angkutan massal yang kemudian terkenal dengan nama Trans Milenio.

Sistem angkutan massal dengan konsep “Bus Think a rail” ini begitu menggoncang dunia transportasi sehingga sistem ini kemudian di adobsi oleh banyak negara dan kota-kota besar di dunia.

Termasuk Jakarta yang kemudian mengembangkan Trans Jakarta.

Pada bulan November 2009 Walikota hebat ini berhasil didatangkan ke Palembang berkat kerjasama Dishub kota Palembang dengan GIZ (Deutsche Gesellischaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH) sebuah NGO nirlaba dari Jerman.

Ceramah Mr. Penalosa di ruang rapat DPRD Kota Palembang waktu itu, makin menguatkan konsep pengembangan sistem angkutan massal di kota Palembang yang waktu itu akan menjadi tuan rumah ajang olah raga Internasional Sea Games tahun 2011

Kami dari Dishub kemudian bergerak cepat mematangkan rencana, mengajukan revisi angggaran dan meminta bantuan bus ke Kemenhub dan melaporkan rencana tersebut ke Walikota waktu Bp. Ir, Eddy Santana Putra, M.T .

Beliau mengusulkan 3 (tiga) alternatif nama, yaitu BRT Trans Palembang, BRT Trans Sriwijaya dan BRT Trans Musi, dan pak Wali memilih nama BRT Trans Musi.

Pada Bulan Februari tahun 2010 dilaksanakan soft lounching pengoperasian BRT Trans Musi, dengan dua koridor dan dilayani oleh 20 unit Bus, 10 bantuan Kemenhub dan 10 unit dari APBD Kota Palembang.

Kebetulan sekali diwaktu yang sama Kemenhub juga memberikan bantuan 2 unit Bus air kepada Pemda Kota Palembang, maka terciptalah sebuah sistem integrasi BRT dan Bus air pertama di Indonesia, dengan sistem satu tiket dan satu satu pelayanan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved