Lapor Mang Sripo

Potensi Terkena Banjir Bandang

Beberapa wilayah di Indonesia terkena ben­cana alam banjir bandang dan tidak terkecuali Sumatera Selatan.

Penulis: Odi Aria | Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Istimewa
Ilustrasi. 

Kepada Yth pihak Pemerintah Provinsi Sumsel. Beberapa wilayah di Indonesia terkena ben­cana alam banjir bandang dan tidak terkecuali Sumatera Selatan.

Apakah untuk di Sumatera Selatan su­dah disiapkan tim satgas bencana untuk menang­gulangi jika terjadinya banjir atau long­sor.

Terima kasih 08117480xxx

Jawaban:
Siapkan Satgas Siaga Bencana

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan dan mungkin juga banyak yang mem­per­tanyakan dan sekaligus ini jawabannya. Sehubungan dengan bakal adanya fenomena La Nina atau Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di ba­wah kondisi normalnya yang akan terjadi di Indonesia, pemerintah daerah mengambil langkah cepat untuk melakukan pencegahan dini terjadinya bencana alam dengan mem­bentuk Satgas Bencana.

Tim satgas bencana ini akan bertugas untuk menghadapi Fenomena La Nina agar da­pat menghindari dampak buruk yang ditimbulkan, salah satu contohnya adalah dampak banjir.

Saat ini curah hujan di wilayah Sumsel sangat tinggi, terutama di Palembang. Dampak dari curah hu­jan tinggi, menyebabkan baru-baru ini beberapa titik banjir di kota Palembang.

Tak hanya menyiapkan Satgas Siaga Bencana, untuk menanggulangi banjir pihaknya juga me­nyiagakan sejumlah alat berat seperti excavator, dump truck, mobile pump dan pompa portable

Total tim Satgas ini ada 700 orang personil yang disebar di-17 kabupaten dan kota di Sumsel. Kita juga sudah bentuk posko dan sudah mengirimkan peralatan untuk antisipasi bencana di tiap daerah. (Oca)

Maryadi Utama
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatra VIII

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved