Breaking News:

Peran Bapas Cegah Omicron, Ini Kata Sarnudi Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Bapas Kelas II Lahat

Peran Balai Pemasyarakatan sangat penting dalam melakukan pembimbingan terhadap Klien Pemasyarakatan baik Dewasa maupun Anak.

Editor: Refly Permana
dokumen pribadi
Sarnudi, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat 

Penulis: Sarnudi, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda, Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat

SRIPOKU.COM - DI ERA pandemi Covid-19 varian Omicron, saat ini narapidana berhak mendapatkan haknya melalui program Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Tujuan dari peraturan tersebut adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Namun, tidak semua narapidana atau anak dapat memperoleh program Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh narapidana dan anak.

Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan Covid-19 varian Omicron dengan langkah yang tepat, fokus, cepat dan sinergi dalam memutus rantai penyebaran virus terutama di seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.

Apalagi, kondisi Lapas atau Rutan saat ini telah over kapasitas. Maka, dengan kondisi seperti ini, Peran Balai Pemasyarakatan (Bapas) menjadi sangat penting.

Balai Pemasyarakatan selama ini kurang terkenal dan kebanyakan masyarakat tidak mengetahui peran dari Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Masyarakat lebih familiar dengan Lapas ataupun Rutan, padahal peran Balai Pemasyarakatan sangat penting dalam melakukan pembimbingan terhadap Klien Pemasyarakatan baik Dewasa maupun Anak.

Balai Pemasyarakatan atau yang sering disebut BAPAS merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bidang Pemasyarakatan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang mempunyai tugas pokok dalam memberikan bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved