Juz Amma

Bacalah Juz Amma Ini Seusai Sholat Subuh, Para Malaikat Bersholawat Kepadanya dan Mencurahkan Rahmat

Di antara banyak surat yang terdapat dalam Juz Amma, berikut ini surat pendek yang bisa dibaca setelah sholat subuh dengan keutamaan yang menakjubkan.

Penulis: Tria Agustina | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM/Tria Agustina
Surat Al-Qadr 

SRIPOKU.COM - Surat apakah yang memiliki keutamaan dibaca setelah sholat subuh agar diberi rahmat? Berikut ini ulasannya.

Surat Al-Qadr yang berarti kemuliaan adalah surah ke-97 dalam Alquran.

Surat Al Qadr terdiri atas 5 ayat dan termasuk golongan Makkiyah karena diturunkan di Mekkah.

Surah Al-Qadr diturunkan setelah surah 'Abasa dan dinamai Al-Qadr (Kemuliaan) yang diambil dari kata Al-Qadr yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

Dikutip dari wikipedia, menurut para mufassir, Kitab Alquran mulai diturunkan pada Lailatul Qadr meski tiada kata Alquran dalam keseluruhan surah ini.

Pada ayat keempat dikatakan bahwa dalam Lailatul Qadr, para malaikat beserta "Al-Ruh" hadir ke dunia untuk mengatur berbagai urusan.

Berikut ini Bacaan Surat Al-Qadr Lengkap Bahasa Arab, Tulisan Latin dan Artinya serta Keutamaan Surah Al-Qadr.

Baca juga: Bacalah Surat Pendek Juz Amma Ini Saat Akan Minum Segelas Air Sebagai Alat Usaha Penyembuh Penyakit

Keutamaan Surat Al-Qadr

Berikut ini keutamaan Surat Al-Qadr.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadar.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613)

1.Rasulullah saw. bersabda yang bermaksud: “Barangsiapa membaca surah Al Qadr 1 kali selepas berwudhu, Allah SWT memberi pahala untuknya seperti beribadah selama 50 tahun. Sekiranya ia membaca 2 kali, pahalanya ialah seperti pahala yang diberi kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa a.s. Sekiranya ia membaca 3 kali, ganjarannya ialah dibuka semua pintu-pintu syurga dan boleh memilih pintu yang mana ia ingin masuk dengan tanpa dihisab dan diazab.

2. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surat Al-Qadar tujuh kali sesudah shalat Subuh, kecuali para malaikat ber-shalawat kepadanya 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79)

3. Untuk memohon sesuatu hajat kepada Allah, bacalah 141 kali dan berdoa, insyaAllah akan terkabul. Suatu ketika Al-Faqih al-Imam al-Walily al-Kabir Ahmad Ibn Ujail didatangi seorang fakir. Disampaikannya kisah kefakirannya itu kepada al-Faqih, lalu beliau diperintahkan membaca sebanyak mungkin surah al-Qadr

4. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612).

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved