Breaking News:

Piala AFF 2020

120 MENIT Bikin Jantung Copot, Garuda Sempat Goyah, Detik-detik Terakhir Curi Gol, Singapura Keok

Pertandingan penuh drama, Indonesia vs Singapura, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2020 berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan skuad Garuda.

Editor: Wiedarto
ROSLAN RAHMAN/kompas.com)
Reaksi para pemain Indonesia setelah Shawal Anuar dari Singapura mencetak gol bunuh diri pada pertandingan leg kedua semifinal AFF Indonesia vs Singapura di National Stadium, Singapura, 25 Desember 2021. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Pertandingan penuh drama, Indonesia vs Singapura, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2020 berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan skuad Garuda. Indonesia berhak melaju ke partai final Piala AFF 2020 dengan menang agregat 5-3 atas Singapura.

Kemenangan itu menjadi tiket ke-6 skuad Garuda ke partai puncak kompetisi dua tahunan nan bergengsi di Asia Tenggara. Tiket final ke-6 yang dimiliki Indonesia bukan langkah mudah. Mereka harus berjuang selama 120 menit dengan kejadian-kejadian di luar kepala.

Bagaimana tidak? Indonesia yang unggul jumlah pemain pada babak kedua harus tertinggal lebih dulu dengan skor 1-2 saat itu. Berikut rangkuman Kompas.com dalam laga 120 menit Indonesia vs Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium.

Timnas Indonesia sejatinya unggul lebih dulu pada awal babak pertama, tepatnya menit ke-11 berkat Ezra Walian. Striker Persib Bandung tersebut memanfaatkan umpan dari Witan Sulaeman dari sisi kanan penyerangan Indonesia.


Kelakuan pemain Singapura, Safuan Baharudin, memang pantas diganjar kartu kuning kedua pada akhir babak pertama. Dia dua kali terlihat menyikut tubuh Rizky Ridho. Beruntung, wasit jeli melihatnya dan memberikan kartu kuning kedua pada menit ke-45+2'. Sebelumnya, Safuan telah mendapatkan kartu kuning pada menit ke-36 karena menjatuhkan Witan Sulaeman.


Tepat sebelum babak pertama berakhir, Singapura berhasil menyamakan kedudukan. Mereka memanfaatkan scrimmage di depan gawang Indonesia setelah melakukan tendangan bebas. Seperti diketahui, set piece atau bola mati Singapura sangat berbahaya. Pada fase grup, mereka mencetak 4 dari 7 gol lewat bola mati. Lawan 9 Pemain Untuk kali kedua, wasit mengeluarkan kartu merahnya untuk pemain Singapura, yakni Irfan Fandi.

Dia menjatuhkan Irfan Jaya pada menit ke-67. Otomatis, Singapura bermain dengan 9 orang. Tentu keunggulan tersebut membuat timnas Indonesia semakin optimistis menang.

Akan tetapi, kepercayaan diri untuk menang melawan 9 pemain tersebut sempat goyah. Sebab, Singapura mampu mencetak gol pada menit ke-74. Lagi-lagi lewat skema bola mati. Kali ini Shahdan Sulaeman menambah pundi-pundi gol Singapura lewat tendangan bebas yang ciamik. Gol tersebut sekaligus menambah betapa hebatnya ekseskusi bola mati Singapura.


Total, 6 dari 9 gol Singapura di Piala AFF 2020 berasal dari bola mati. Pratama Arhan Samakan Kedudukan 2-2 Indonesia terus menggempur pertahanan Singapura meski banyak waktu terbuang karena pelanggaran-pelanggaran sepele. Upaya mereka berbuah manis pada menit ke-87. Pratama Arhan berhasil memanfaatkan bola muntah Hassan Sunny dengan tenang.

Melihat skor tersebut, babak perpanjangan waktu 15 menit kali 2 diberikan oleh wasit untuk menentukan pemenang. Keajaiban dari Nadeo Degup jantung pencinta sepak bola Indonesia maupun Singapura sempat meninggi pada menit ke-90+1.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved