Breaking News:

Berita Olahraga

Badminton Action PBSI Sumsel Ukir Rekor Nasional, Dalam Satu Momen Ada Tujuh Kegiatan

Bahkan, pagelaran bulatangkis tersebut masuk kategori rekor nasional di bidang kegiatan olahraga, karena menyelenggarakan tujuh kegiatan sekaligus dal

Editor: Odi Aria
Handout
Badminton Action PBSI Sumsel Ukir Rekor Nasional, Dalam Satu Momen Ada Tujuh Kegiatan. 


SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Kegiatan Badminton Action 2021 yang diselenggarakan PBSI Sumsel selama sepekan (11-19 Desember 2021) berlangsung sukses. Kegiatan berlangsung meriah, dan mendapat apresiasi dari berbabagi pihak.

 

Bahkan, pagelaran bulatangkis tersebut masuk kategori rekor nasional di bidang kegiatan olahraga, karena menyelenggarakan tujuh kegiatan sekaligus dalam satu momen bertitel Badminton Action PBSI 2021.

Tujuh kegiatan tersebut; Kejuaraan Provinsi (Kejurprov), Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) PBSI Sumsel, pelatihan wasit tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi, pelatihan pelatih BWF (Badminton Word Federation) level 1, sosialisasi Sitem Informasi (SI) PBSI, penataran Tournamen Planner, Penataran Refree, dan pameran UMKM.

“Saya sudah 30 tahun bergabung di PBSI, baru ini ada tujuh kegiatan bulultangkis sekaligus dalam satu momen.

Ini luar biasa, dan saya pastikan ini rekor nasional, bahkan mungkin Asia,” kata HM Ferlie, Dewan Pengawas PB PBSI, yang sengaja datang ke Kota Palembang menghadiri rangkaian Badminton Action.

Walau dibuka secara remsi pada 14 Desember oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Asisten III Pemprov Sumsel Drs Nelson Firdaus, MM, namun rangkaian kegiatan sudah berlangsung sejak 11 Desember 2021 di GOR Dempo dan Wisma Atlet, JSC Palembang. Gubernur berharap kegiatan Badminton Action 2021 menjadi ajang pencarian bibit atlet bulutangkis.

Kegiatan Badminton Action, Minggu (19/12) malam ditutup secara resmi oleh Ketum PB PBSI, Agung Firman Sampurna lewat zoom. Ketua BPK RI ini sempat menyaksikan langsung final ganda campuran dewasa dan ganda putra dewasa, dan Ganda Putri Dewasa. Pada kesempatan itu dia mengatakan mengapresiasi kegiatan Badminton Action yang digelar PBSI Sumsel. Dia berharap, lewat kegiatan ini bulutangkis Sumsel lebih maju, dan pada akhirnya menelurkan atlet-atlet berprestasi.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI Sumsel, Amrullah, SH mengatakan dalam kegiatan Badminton Action ini diikuti setidaknya 881 peserta, dengan dukungan berbagai pihak, antara lain Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, PT Semen Baturaja, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Sumsel Babel, Alfa One, RS Siloam, Bank BJB, Kopi Benoa, GPB, Baturaja Multi Usaha, PT Semangat Baru Sejati, dan JSC Palembang. Dia mengaku sangat berterima kasih pada para sponsor, sehingga kegiatan berjalan dengan baik.

“Bahkan, Kejurprov kita diikuti 735 atlet dari seluruh daerah Sumsel. Ini luar biasa animonya,” kata Amrullah didampingi Erwinsya, Sekum PBSI Sumsel. Untuk Kejurprov, PBSI Sumsel menyediakan total hadiah Rp 112 juta, dengan enam kelompok umur yang dipertandingkan. Sementara Sosialisasi Sistem informasi diikuti 17 peserta, pelatihan wasit (40 orang), pelatihan pelatih (20 orang), tournament planner dan league planner (17 orang). Serta puluhan stand UMKM di pelataran GOR. Untuk Kejurprov, PBSI Sumsel menyediakan total hadiah Rp 112 juta, dengan enam kelompok umur yang dipertandingkan.

Elda, orangtua atlet, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan Kejurprov, karena anaknya bisa menguji hasil latihan selama ini di daerah. “Anak saya jadi bisa melihat permainan bagus atlet lainnya. Sementara kami juga sekalian jakan-jalan ke Palembang,” ujar ibu yang mengaku dari Musi Banyuasin.

Dari Liga Hingga Sirnas
Sebagai agenda tahunan, PBSI Sumsel, Sabtu (18/12/2021) menggelar musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) ke-35 di Wisma Atlet JSC Palembang. Hadir dalam kegiatan itu para pengurus PBSI Sumsel dan para ketua dan sekretaris Pengcab PBSI Kabupaten/Kota se-Sumsel. Muker dipimpin langsung Amrullah, SH sebagai Ketum PBSI Sumsel, didampingi Chaifri Oni (Waketum I), Mujahiddin (Waketum II), Erwinsya (Sekum), Dodi (Bendum).

Dalam kegiatan itu, para peserta secara umum menerima dengan sangat baik laporan kegiatan pengurus PBSI Sumsel. Sementara sejumlah agenda direncanakan di tahun 2022, antara lain akan menjadi tuan rumah sirkuit nasional (Surnas) bulurangkis. Ketum PBSI Sumsel, Amrullah mengatakan pihaknya sudah mengusulkan Sumsel menjadi lokasi penyelenggaraan sirnas. Kegiatan ini akan dihadiri atlet-atlet terbaik dari seluruh Indonesia.

"Kita melihat animo masyarakat Sumsel cukup tinggi terhadap bulutangkis. Karena itu kita sudah mengusulkan menjadi lokasi sirnas," ujarnya. Selain sirnas, juga bakal digekar liga bulutangkis Sumsel. Liga akan digelar tiga seri, dimana pada seri terahir (final), akan diikuti para pemain yang masuk delapan besar saat seri satu dan dua.

Rencana kegiatan lainnya, antara lain: Eksekutif Batminton Tournamen (EBT) di akhir Januari 2022, dan EBT kedua Juni 2022. Lalu, akan membantu klub-klub meningkatkan kegiatan pelatihan, sehingga terjaring bibit atlet berprestasi, serta membina atlet-atlet Sumsel yang berlatih di klub-klub besar di luar Sumsel. Atas semua itu, adalah mengejar target beprestasi di Porwil dan PON Aceh-Medan nanti.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved