Breaking News:

Dukung Kerajinan Lokal Daerah Pedamaran, PLN Resmikan Galeri Produk Kerajinan Purun Rude Gebol Djuai

PT PLN (Persero) kembali menunjukkan konsistensinya dalam membantu ekonomi masyarakat melalui Program PLN Peduli.

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/humas pln
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir, Lindawati Marpaung mengenakan baju lengan panjang putih abu-abu tampak serius memperhatikan pengarajin yang sedang memainkan jemari tangan merangkai helaian purun berbentuk tikar. Begitu juga tampak Sekda OKI H Husin SPd MM pandai menganyam tikar tak kalah dari para ibu-ibu. 

SRIPOKU.COM, PEDAMARAN -- PT PLN (Persero) kembali menunjukkan konsistensinya dalam membantu ekonomi masyarakat melalui Program PLN Peduli.

Salah satunya diwujudkan melalui Peningkatan Keahlian dan Pengembangan Produksi Kerajinan Purun, Desa Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang diresmikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) OKI H Husin SPd MM, Selasa (14/12/2021). 

Acara peresmian yang juga dihadiri jajaran dinas-dinas terkait di lingkungan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel, serta tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat itu menjadi langkah awal bagi pengembangan kerajinan khas daerah Pedamaran yang diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat di Bumi Bende Seguguk. 

Manager PLN UP3 Ogan Ilir, Lindawati Marpaung memberikan bantuan
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir, Lindawati Marpaung memberikan bantuan untuk peningkatan keahlian dan pengembangan produksi kerajinan purun, Desa Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir ini merupakan bentuk nyata kepedulian PLN terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan budaya dan kearifan lokal.

Dalam sambutannya, Sekda OKI H Husin SPd MM menyampaikan rasa terima kasih kepada PLN atas kepedulian terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui UMKM, khususnya di daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dirinya juga menyampaikan bahwa tugas pemberdayaan UMKM adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat.

"Pengembangan UMKM adalah tugas kita bersama, untuk itu peresmian hari ini hendaknya jadi langkah awal dalam memajukan kearifan lokal ini menjadi pendorong ekonomi masyarakat," pesannya. 

Dirinya juga menambahkan bahwa kerajinan dari bahan purun ini merupakan warisan budaya turun temurun  di daerah Pedamaran dan sekitarnya.

Permintaan kerajinan purun juga tidak pernah surut, terutama dari kota lain seperti, Kota Palembang, Pagaralam dan Provinsi Lampung.

"Purun ini telah menjadi identitas asli Pedamaran. Sebuah kearifan lokal, yang menjadi komoditas ekonomi sekaligus peran serta masyarakat dalam menjaga lahan yang menjadi habitat tanaman purun yang masyarakat disini menyebutnya Lebak Purun," ungkap Husin.

Manager PLN UP3 Ogan Ilir, Lindawati Marpaung (tengah) tampak belajar menganyam
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir, Lindawati Marpaung (tengah) tampak belajar menganyam purun bersama kelompok pengembangan produksi kerajinan purun, Desa Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Terpisah, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir, Lindawati Marpaung dalam sambutannya mengatakan, bahwa Bantuan Peningkatan Keahlian dan Pengembangan Produksi Kerajinan Purun, Desa Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir ini merupakan bentuk nyata kepedulian PLN terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan budaya dan kearifan lokal.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved