Breaking News:

Pasien Covid-19 Didominasi Usia Produktif 20-44 Tahun, Rentang Usia Lain Diminta Ketat Prokes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan, kalangan usia itu dinyatakan sebagai kelompok tertinggi yang terinfeksi virus korona

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Welly Hadinata
Handout/Sripoku.com
Tes swab massal yang diselenggarakan BNI di Jakabaring Sport City Palembang beberapa waktu lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Kelompok usia produktif di Sumsel yakni pada kisaran usia 20-44 tercatat sebagai usia yang mendominasi pasien Covid-19.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel pada 12 Desember 2021 lalu, ada 30.262 orang usia tersebut yang dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy, mengatakan, kalangan usia itu dinyatakan sebagai kelompok tertinggi yang terinfeksi virus korona.

"Kelompok usia yang lebih tua atau lebih muda tetap harus ketat jalankan protokol kesehatan. Ini karena posisi kedua infeksi tertinggi ditempati lansia 55-60 tahun," katanya, Senin (13/12/2021).

Adapun jumlah tertinggi kedua untuk rentang usia 55-60 tahun yang terpapar Covid-19 yakni sebanyak 10.605.

Selanjutnya, usia 45-54 yang dinyatakan positif sebanyak 9.446 orang. Sementara itu, bayi dengan usia di bawah satu tahun yang pernah terserang virus ini yaitu sebanyak 612 orang.

Menurut Lesty, dengan munculnya beragam varian baru Covid-19 bukan tidak mungkin akan menginfeksi lebih banyak kelompok usia.

Terlebih, jika kalangan tersebut tidak melakukan vaksinasi seperti yang dianjurkan. Meskipun, di satu sisi vaksin bukan sebagai penangkal serangan virus.

"Tetapi, vaksinasi ini sebagai upaya untuk menguatkan imunitas tubuh. Saat ini upaya kota mencapai herd immunity salah satunya lewat vaksinasi," jelas dia.

Hingga kini secara keseluruhan, jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel sebanyak 59.959 dengan suspek dalam proses 44 orang dan probable 434 orang .

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved