Breaking News:

Virus Corona di Palembang

Kejar Peningkatan Vaksinasi Kaum Disabilitas, Dinkes Palembang Jemput Bola Datangi Sentra Perawatan

Selama pelaksanaan imunisasi yang digelar bersamaan dengan masyarakat umum, pihak penyelenggara akan memberikan prioritas bagi penyandang disabilitas.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Sudarwan
Sripoku.com/Syahrul Hidayat
VAKSINASI DISABILITAS --- Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk penyandang disabilitas di Sentra Layanan Vaksin OPI Mall, Jakabaring, Selasa (2/11/2021). Sebanyak 75 disabilitas Palembang ini selain divaksin juga mendapatkan bingkisan dari Kapolda Sumsel. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kaum disabilitas termasuk dalam kelompok penerima vaksin Covid-19, seperti halanya masyarakat umum.

Di Sumsel, vaksinasi untuk disabilitas telah digencarkan sejak beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel pada 9 Desember 2021, vaksinasi disabilitas di Sumsel tercatat telah menyasar 261 penerima untuk dosis pertama 222 untuk dosis selanjutnya.

Dari itu pula tercatat, kota Palembang sebagai daerah tertinggi untuk capaian vaksinasi disabilitas dengan 83 penerima untuk dosis pertama dan 71 penerima pada dosis kedua.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Palembang, Mirza Susanti, menyebutkan tingginya capaian angka vaksinasi untuk disabilitas ini karena Dinas Kesehatan melakukan aksi jemput bola.

"Untuk disabilitas, ODGJ dan cacat lain kita mendatangi sentra-sentra perawatannya langsung sehingga mereka tidak kesulitan menjangkau lokasi vaksinasi," ujarnya, Jumat (10/12/2021).

Selama pelaksanaan imunisasi yang digelar bersamaan dengan masyarakat umum, pihak penyelenggara akan memberikan prioritas bagi penyandang disabilitas.

Pemberian prioritas berupa pengadaan ruangan khusus hingga pemberian urutan agar tak terlalu lama mengantre.

"Betul mereka masuk kategori prioritas. Kami menyarankan kawan-kawan penyandang disabilitas bisa segera mendaftarkan diri untuk program vaksinasi demi mencapai kekebalan kelompok," kata Mirza.

Pendaftaran vaksinasi baik untuk kalangan disabilitas maupun masyarakat umum dapat dilakukan dengan mudah dengan mengakses http://vaksinasionline.com.

Secara keseluruhan hingga kini vaksinasi Covid-19 di Palembang untuk dosis pertama telah mencapai 78 persen atau sebanyak 967.883 telah divaksin.

Adapun dosis kedua yakni sebesar 60,26 persen atau sekitar 747.751 telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Sementara itu, untuk di Sumsel capaian vaksinasi sebesar 60,01 persen untuk dosis satu atau dari target 6,3 juta sasaran vaksinasi sebanyak 3,7 telah disuntikkan vaksin dosis pertama.

Pada dosis kedua tercatat 35,92 persen atau 2,2 juta orang telah divaksinasi.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved