Breaking News:

Berita Palembang

BMKG Ungkap Sumsel tak Berpotensi Terkena Banjir Rob, Tinggi Gelombang di Selat Karimata 2,5 Meter

Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) tidak termasuk yang terdampak gelombang tinggi dan banjir rob.

Editor: Odi Aria
Tribunpadang.com
Banjir rob di kawasan Rt 04/Rw 04, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar, Sabtu (4/12/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) mengimbau potensi gelombang tinggi dan banjir rob diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 8-10 Desember 2021.

"Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) tidak termasuk yang terdampak gelombang tinggi dan banjir rob," kata
Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Andayani, Kamis (9/12/2021).

Menurut Sinta, untuk wilayah Sumsel terkait potensi banjir rob, terutama wilayah pesisir timur Sumsel yang berdekatan dengan laut tidak termasuk dalam wilayah yang berpotensi rob.

"Namun untuk potensi gelombang tinggi saya tetap menghimbau kepada masyarakat nelayan yang melaut, atau pengguna tranportasi laut agar memperhatikan informasi tinggi gelombang laut dari BMKG," katanya

Menurutnya, saat ini cuaca dipengaruhi oleh Monsun Asia (musim barat) dimana intensitas cuaca ekstrim meningkat, seperti angin kencang dan hujan deras.

Untuk saat ini perairan yang berpotensi gelombang tinggi antara 1.25 meter - 2.5 meter di sekitar perairan Sumsel yaitu perairan Utara Kepulauan Bangka Belitung dan Selat Karimata.

Sementara itu prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Wilayah Sumsel level waspada) berlaku tanggal 9 Desember 2021 pukul 07.00 sampai dengan 10 Desember 2021 pukul 07.00 WIB sebagai berikut :

Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah, Kabupaten Banyuasin Tanjung Lago, Sumber Marga Telang, Muara Telang, Banyuasin II, Makarti Jaya, Air Saleh, Air Kumbang, Muara Padang, Banyuasin I, Talang Kelapa.

Kabupaten OKI di Air Sugihan, Kabupaten Muara Enim di Semende Darat Ulu, Semende Darat Laut. Kabupaten OKU di Ulu Ogan, Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Batu Raja Barat, Semidang Aji, Pengandonan, Muara Jaya.

Kabupaten OKU Selatan di Muaradua Kisam, Kisam Tinggi. Kota Pagaralam di Dempo Selatan, Dempo Tengah. Kabupaten Lahat di Pajar Bulan, Gumay Ulu, Kota Agung, Tanjung Tebat. Kabupaten Musi Rawas Utara di Ulu Rawas, Karang Jaya.

Sementara itu Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Sumsel, Ansori menambahkan, untuk Sumsel lebih fokua di Kabupaten/Kota masing-masing.

"Masing-masing Kabupaten/Kota paling kabupaten Banyuasin untuk masalah gelombang yang merupakan wilayah periaran. Sehingga kabupatennya yang siaga. Kalau kita suport saja," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved