Breaking News:

Tips Kesehatan

Manfaat Buah Tin, Bisa Obati 17 Penyakit Berbahaya, Termasuk Jaga Kesehatan Jantung dan Diabetes

Buah ini dikenal dikalangan masyarakat sebagai buah surga, selain rasanya yang enak, lembut dan manis seperti jambu ini, punya segudang manfaat lho

Penulis: Nadyia Tahzani | Editor: Welly Hadinata
Tribunnews
Buah Tin 

SRIPOKU.COM - Buah tin sangat istimewa, karenanya dijuluki sebagai "buah surga". Bukan tanpa alasan, buah ini disebut jelas dalam kitab suci Al-Quran, juga dalam hadist nabi.

Dalam surat tersebut, Allah SWT bersumpah sesuatu yang agung dengan memakai nama buah Tin. Hal tersebut tertulis dalam Quran Surat At-Tin (95:1) berbunyi "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun".

Di sisi ilmiah pun buah ini terbukti memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah ini dikenal dikalangan masyarakat sebagai buah surga, selain rasanya yang enak, lembut dan manis seperti jambu ini, punya segudang manfaat lho.

Yuk kita simak apa saja manfaatnya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Manfaat Buah Salak, Bisa Obati 13 Penyakit Berbahaya, Termasuk Rawat Kesehatan Jantung & Rabun Jauh

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Ada 5 gram serat dalam setiap tiga porsi buah tin. Konsentrasi serat yang tinggi membantu mempromosikan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat bekerja dengan cara menambah massa pada feses sehingga memudahkannya untuk bergerak di dalam usus. Jadi, tidak hanya mencegah sembelit, tetapi buah tin juga menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak sehat dan tidak teratur.

2. Menurunkan berat badan

Khasiat buah tin yang satu ini juga tidak terlepas dari peran serat. Selain melancarkan BAB, serat juga menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran cerna.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved