Breaking News:

Inovasi PLN Wujudkan Smart Green City Kota Jambi Melalui Electrifying Lifestyle

Inovasi PLN Wujudkan Smart Green City Kota Jambi Melalui Electrifying Lifestyle

Editor: Welly Hadinata
IST
Inovasi PLN Wujudkan Smart Green City Kota Jambi Melalui Electrifying Lifestyle 

SRIPOKU.COM - Sebagai tindak lanjut pendirian Stasiun Pengisian Listrik Umum Mobile (SPLU-M) yang dilaksanakan PLN Unit Induk Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UIW S2JB) pada bulan Juni 2021 lalu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Jambi (UP3 Jambi) membuat suatu inovasi berupa Dedieselisasi Pedagang Kaki Lima atau disingkat De-Kill.

Inovasi ini berhasil menjuarai kompetisi Wow Diamond, sebuah ajang inovasi skala nasional yang diselenggarakan PLN untuk mengasah kreativitas para pegawai dalam mendukung program pemasaran dan meningkatan kualitas layanan kepada pelanggan.

De-Kill (Dedieselisasi Pedagang Kaki Lima) mengusung konsep migrasi sumber listrik pedagang kaki lima yang semula menggunakan genset/mesin diesel berbahan bakar minyak menjadi listrik yang berasal dari Stasiun Pengisian Listrik Umum  Mobile (SPLU-M).

Inovasi PLN Wujudkan Smart Green City Kota Jambi Melalui Electrifying Lifestyle
Inovasi PLN Wujudkan Smart Green City Kota Jambi Melalui Electrifying Lifestyle (IST)

Inovasi ini diterapkan di Kawasan Car Free Night Tugu Keris Kota Jambi, dimana pada tempat tersebut banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di malam hari. Para pedagang yang sebelumnya menggunakan genset/mesin sebagai sumber listrik, kini tak perlu repot-repot lagi menyalakan dan mematikan mesinnya.

Cukup dengan membeli pulsa/token SPLU-M, para pedagang kaki lima sudah dapat menikmati listrik untuk aktivitas dagang nya. Penggunaan SPLU-M relatif lebih ringkas, ramah lingkungan, tidak bising, dan hemat. Dengan SPLU-M, udara dapat menjadi lebih bersih karena bebas asap mesin diesel. Selain itu, pedagang kaki lima bisa lebih hemat. Penggunaan genset yang memakan biaya Rp. 15.000-20.000 per hari kini hanya menghabiskan biaya sebesar Rp. 5.000,- per hari dengan penggunaan SPLU-M.

Inovasi ini mendapatkan dukungan dari pemerintah Kota Jambi. Sebagaimana yang disampaikan Sekda Kota Jambi saat peresmian SPLU-M, Ir.H.Budidaya, M.For., S.C,. Dengan pengurangan penggunaan diesel di kawasan Kawasan Car Free Night Tugu Keris Kota Jambi, udara disekitar tempat tersebut menjadi lebih bersih. Selain ini, adanya SPLU-M ini merupakan salah satu bentuk electrifying lifestyle untuk mewujudkan Kota Jambi sebagai Smart Green City.

“Tentunya dengan adanya inovasi ini kita kedepan akan lebih nyaman karena Kota kita bersih, dan Jambi menjadi lebih enak untuk ditempati karena udaranya lebih bersih.” pungkas Budidaya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved