Wawancara Eksklusif

Prana Putra Sohe Baru Terjun ke Politik, Akui Bukan Politikus: Jika ke Sumsel 1 Mengalir Saja

Jika nantinya akan saya disebut akan maju sebagai Sumsel 1, maka semua itu akan mengalir saja.

Penulis: Chairul Nisyah | Editor: Soegeng Haryadi
DOK. PKB SUMSEL
Walikota Lubuklinggau Drs. H. SN Prana Putra Sohe, M.M (kanan) disaksikan Ketua DPW PKB Sumsel Drs Ramlan Holdan menerima KTA PKB di rumah dinas, Widya Candra, Jakarta, Selasa (22/6/2021). 

CERITA politik selalu menarik. Tidak sekedar berbicara mengenai visi dan misi saja, politik sangat kental nuansa kompetisinya. Dalam obrolan Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe MM dengan Kepala Newsroom Sripo - Tribun Sumsel Hj L Wenny Ramdiastuti pada Program Ngopi Sore, terungkap usai masa jabatan Walikota Lubuklinggau 2023 nanti, Nanan, sapaan akrab Prana Putra Sohe akan bertarung di Pemilihan Legislatif. Untuk itu jauh-jauh hari sudah bergabung ke salah satu partai politik. Berikut petikan wawancaranya.

*******

Kapan masa jabatan anda sebagai Walikota Lubuk Linggau akan berakhir? Apa benar Anda akan maju ke pemilihan Gubernur Sumsel?
Masa jabatan saya sebagai Walikota Lubuk Linggau akan berakhir pada bulan November 2023. Saya ini sepertinya sudah ditakdirkan untuk selalu ikut dalam kompetisi politik. Selama ini saja sudah 7 kali saya ikut mencalonkan sebagai pejabat kuasa daerah.

Ditahun 2023 saya akan maju ke Pemilihan Legislatif. Rencana saya akan maju ke DPR RI. Jika nantinya akan saya disebut akan maju sebagai Sumsel 1, maka semua itu akan mengalir saja.

Bagaimana Anda sebagai Walikota Lubuk Linggau menghindar dari tindakan pidana korupsi?
Setiap kepala daerah memiliki kecemasannya masing-masing. Sulit sekali jika menyebut diri kita adalah seorang yang jujur. Ada saja yang khilafnya. Namun menurut saya pihak berwenang memiliki pertimbangan, dalam menilai sebuah masalah. Maka dari itu, jika pun ada khilaf yang terjadi semoga saja khilaf itu masih dalam batas toleransi. Apalagi sebagai kepala darrah yang memiliki tanggung jawab yang besar.

Apakah setelah masa jabatan sebagai Walikota Lubuk Linggau berakhir, istri Anda akan maju dalam pemilihan Walikota selanjutnya?
Tidak. Saya pastikan istri saya tidak akan maju dalam pemilihan Walikota Lubuk Linggau di periode selanjutnya. Menurut saya istri saya adalah orang yang mampu untuk maju ke pemilihan walikota.

Namun dirinya lebih senang jika menjadi senator ataupun menjadi peran yang bisa memberi sumbangsih lebih untuk daerahnya. Jadi saya pastikan dia tidak akan maju. Karena istri saya juga tidak ada kemauan untuk menjadi seorang Walikota.

Apakah sebagai pemimpin daerah merasa dikuasai oleh partai politik tempat Anda bernaung?
Saya katakan saya ini orang politik, namun saya bukan seorang politikus. Sebelum ini saya tidak bergabung sebagai anggota parpol manapun. Namun saya memiliki kedekatan dengan parpol-parpol yang ada.

Saya baru saja hitungan bulan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya saya bukan bagian dari parpol manapun. Meski demikian menurut saya yang paling penting, bisa saling bersinergi dalam menyelesaikan komitmen yang ada, dan mampu memberikan kontribusi yang sesuai. (cr34)

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved