Breaking News:

Gedung Pasar Besemah Kota Pagaralam Ditinggalkan Pedagang, Tidak Terawat Sejumlah Fasilitas Rusak

Gedung Pasar Basemah Kota Pagaralam ditinggal pergi oleh pedagang. Kondisi tidak terawat dengan sejumlah fasilitas rusak

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: Azwir Ahmad
Sripoku.com/Wawan Septiawan
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN PASAR BESEMAH : Tampak kondisi Pasar Besemah Kota Pagaralam yang terkesan tak terawat dan sejumlah fasilitas rusak. 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Kondisi Gedung Pasar Besemah Kota Pagaralam Sumatera Selatan telihat tak terawat. Gedung dengan puluhan kios pedagang didalamnya itu tampak kusam dan banyak fasilitas yang rusak.

Bahkan sejumlah kios di Pasar Besemah yang dibangun sekitar tahun 2013 itu banyak kosong dan rusak. Bahkan sejak dibangun pasar tersebut hanya ditempati pedagang beberapa bulan saja setelah itu ditinggal pedagang.

Pantauan sripoku.com dilokasi menyebutkan, kondisi didalam gedung pasar gelap karena tidak ada lagi aliran listrik. Bahkan sejumlah rolling dor kios rusak. Tidak hanya itu bagian plafon juga sudah banyak terlepas dan berjatuhan.

Kondisi ini diperparah aroma pesing disejumlah sudut ruangan di pasar tersebut. Hal ini diduga ada oknum yang sengaja buah air kecil sembarangan padahal dilokasi ada WC nya.

Ujang (49) salah satu pemilik kios yang masih berjualan di pasar tersebut mengatakan, bahwa untuk kios dibagian luar pasar masih banyak yang sering dibuka pemiliknya namun hanya pagi hari saja saat banyak sayur masuk ke Pasar.

"Untuk kios dibawah dan menghadap keluar hampir semua masih dibuka pak tapi hanya subuh saja karena kebanyakan kiosnya dijadikan gudang," ujarnya.

Namun untuk kios yang dibagian dalam hanya ada beberapa saja yang masih dibuka, itupun hanya untuk penyimpanan barang oleh pemiliknya.

"Fasilitasnya banyak rusak pak, jadi tidak bisa digunakan. Listriknya tidak ada rolling dornya banyak rusak. Jadi tidak digunakan oleh pemilik atau penyewanya," katanya.

Sementara itu Kepala UPTD Pasar Terima Bakti saat dikonfirmasi mengatakan bahwa memang ada sejumlah fasilitas di Pasar Besemah yang rusak. Hal ini selalu menjadi keluhan para penyewa kios.

"Benar banyak fasilitas yang rusak pak, namun kami pihak UPTD terus mengusulkan agar fasilitas-fasilitas yang rusak dapat diperbaikki. Hal ini agar pasar ini bisa kembali menyumbang PAD untuk Kota Pagaralam," jelasnya.

Berdasarkan data dari UPTD Pasar untuk dibagian lantai atas pasar hampir semua tidak lagi dihuni oleh penyewanya. Mereka meninggalkan kios dengan alasan sepi pembeli.

"Bagi kios yang habis massa sewanya dan tidak diperpanjang akan kita konfirmasi ke pihak penyewa jika mereka tidak memperpanjang maka akan kita ambil alih dan ditawarkan ke pedagang lain. Namun saat ini memang sebagian besar kios sudah ditinggalkan pedagang karena alasan sepi," ungkapnya.(one)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved