Breaking News:

KISAH Firsty Ukhti Molyndi Penyandang Disabilitas Jalani Vaksinasi Covid-19 dengan Layanan Prioritas

Firsty Ukhti Molyndi, salah satu penyandang disabilitas di Palembang,Dia mengatakan, sejak datang hingga mendapat layanan prima dari petugas vaksinasi

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Welly Hadinata
Dokumentasi Pribadi
Firsty Ukhti Molyndi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Vaksinasi Covid-19 di provinsi Sumatra Selatan terus dimaksimalkan demi mengejar kekebalan kelompok di awal 2022.

Bukan hanya untuk kalangan tenaga kesehatan, lansia, dan masyarakat umum saja, vaksinasi untuk penyandang disabilitas pun terus digencarkan.

Firsty Ukhti Molyndi, salah satu penyandang disabilitas di Palembang, telah menjalani vaksinasi Covid-19 pada Agustus dan September lalu di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang.

Dia mengatakan, sejak datang hingga mendapat penyuntikan vaksin di lokasi vaksinasi mendapatkan layanan prima dari petugas vaksinasi.

"Pelayanan vaksinasinya baik. Malah kalau disabilitas diprioritaskan. Saya disuruh masuk duluan. Jadi, enggak sama yang peserta non disabilitas antrenya. Itu berlaku buat lansia sama disabilitas," ujar Molly saat diwawancarai pada Minggu (21/11/2021).

Selain ingin melindungi diri, Molly, begitu dia biasa disapa, mengikuti vaksinasi untuk memenuhi syarat keberangkatan haji pada tahun depan.

Molly sebenarnya sudah harus menjalankan rukun Islam kelima di tanah suci pada 2020 lalu. Akibat pandemi, niatnya beribadah pun harus tertunda.

"Ikut vaksin untuk berangkat haji tahun depan. Mestinya tahun lalu sudah berangkat. Jadi lebih baik cepat divaksin supaya sudah ada persiapan," jelas Molly.

Melansir data dari Dinas Kesehatan provinsi Sumsel pada 20 November 2021, capaian vaksinasi disabilitas tercatat berjumlah 261 orang untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua yaitu 218 orang.

Angka vaksinasi disabiltas tertinggi berasal dari kota Palembang dan Musi Banyuasin dengan 83 orang pada dosis pertama dan masing-masing 71 dan 65 orang pada dosis berikutnya.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved