Breaking News:

Virus Corona

SEMINGGU Terakhir, Kasus Covid-19 Kembali Naik, Pemicu Tatap Muka dan Takziah

tercatat 126 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 pada pekan lalu.

Editor: Wiedarto
Ist/handout
Menkes Budi Gunadi Sadikin jelaskan soal virus dari India, Inggris dan Afrika Selatan, dan berikan soal Mutasi Varian Baru India Serang Indonesia, Juga dari Inggris dan Afsel 13 Insiden, Senin (3/5/2021) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, berdasarkan hasil observasi Kemenkes pada pekan lalu, tercatat 126 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 pada pekan lalu.

Budi mengatakan, hasil observasi tersebut menunjukkan salah satu penyebab kenaikan kasus Covid-19 itu akibat sekolah tatap muka dan kegiatan takziah.

"Kita melakukan pendalaman dan sebagian besar kenaikannya memang disebabkan karena adanya kasus positif di sekolah dan takziah," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual soal evaluasi PPKM, Senin (15/11/2021).

Budi mengatakan, akan melakukan konsolidasi dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim atas temuan tersebut agar sekolah tatap muka dilakukan dengan memperkuat kegiatan surveilans.

"Bagaimana kita bisa tetap melakukan program tatap muka tapi dengan surveilans yang aktif dan yang lebih praktis," ujarnya.

Budi juga mengatakan, Presiden Joko Widodo juga menekankan adanya lima provinsi yang perlu dimonitor secara ketat menyusul adanya indikasi kenaikan kasus Covid-19. "Jadi 5 ini adalah provinsi di Jawa," ucapnya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, meski kasus Covid-19 sudah menurun, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19. "Terutama menghadapi nataru, jangan sampai terjadi lonjakan berikutnya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekolah Tatap Muka dan Takziah Disinyalir Jadi Penyebab Kenaikan Kasus Covid-19 di 126 Kabupaten/Kota"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Dani Prabowo

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved