Breaking News:

Berita Palembang

Hakim Buka Suara Soal Vonis Bebas Istri Ateng, Ketua DPD IKADIN Sumsel Soroti Dakwaan Jaksa: Wajar

Hakim di Pengadilan Negeri Palembang buka suara soal hakim menjatuhkan vonis bebas untuk istri seorang pengedar narkoba di Palembang.

Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM/CHAIRUL NISYAH
Ketua DPD IKADIN Sumsel, Johan Anuar, Titis Rachmawati,pada Kamis (15/4/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Istri Ateng divonis bebas oleh majelis hakim di Pengadilan Neger Palembang sekitar sepekan silam.

Perkara ini sontak menjadi sorotan masyarakat Kota Pempek.

Beberapa hari pasca vonis, sekelompok masyarakat datang ke Pengadilan Negeri Palembang untuk meminta kejelasan atas vonis bebas yang diberikan kepada terdakwa bernama Hijriah alias Ria.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Palembang, Abu Hanifah, mengatakan jika Pengadilan Negeri bukanlah algojo yang memvonis akhir sebuah perkara.

"Ada berapa langkah hukum yang bisa dilakukan oleh para terdakwa ataupun pihak jaksa jika merasa tidak puas dengan putusan majelis hakim.

Ini hanya putusan tingkat pertama, baik jaksa ataupun terdakwa bisa mengambil langka hukum lainnya setelah putusan tersebut," ujar Abu.

Abu menambahkan bahwa putusan majelis hakim atas vonis bebas tersebut sudah berkesesuaian dengan fakta persidangan.

Menurutnya, sebagaimana pertimbangan majelis hakim bahwa majelis hakim dalam persidangan tidak menemukan unsur pidana dari apa yang telah didakwakan kepada terdakwa Hijriah.

Ia menilai, kalau melihat fakta persidangan dari isi putusan itu bahwa terdakwa ini mengetahui adanya tindak pidana narkotika itu, namun tidak dilaporkan ke penegak hukum.

"Artinya, perbuatan terdakwa tersebut memenuhi unsur tindak pidana namun tidak didakwa didalam dakwaan penuntut umum, ketika tidak didakwakan mengenai hal itu maka hakim tidak bisa menghukumnya," ungkap Abu Hanifah.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved