Breaking News:

Berita Palembang

Walau Berat Terpaksa Ikhlas, Pembayaran 11 Persil Lahan Terdampak Pembangunan Akses Jembatan Musi VI

Dinas PU Bina Marga Sumsel membebaskan lahan sebanyak 11 persil lahan terdampak pembangunan akses Jembatan Musi VI.

Editor: Refly Permana
tribunsumsel.com/rahmad
Lahan yang terdampak pembangunan jalan akses Jembatan Musi VI Kelurahan 2 Ulu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas PU Bina Marga Sumsel membebaskan lahan sebanyak 11 persil lahan terdampak pembangunan akses Jembatan Musi VI di Jalan H Faqih Usman, Kelurahan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Rabu (10/11/2021). 

Jalan yang rencananya akan dibangun ini berlokasi di ujung Jembatan Musi VI, di sekitar pasar pagi, menghubungkan Jalan KH Wahid Hasyim dengan Jalan H Faqih Usman sehingga dapat memangkas akses menuju Jembatan Musi VI. 

Jumlah 11 persil yang dibebaskan dalam tahap kedua ini berlokasi tepat di depan Kantor Lurah 2 Ulu dan nilai ganti rugi yang dibayar ke masyarakat senilai Rp 1,77 miliar. 

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel, Dharma Budy, melalui PPTK pembebasan lahan dan pembangunan jalan akses Jembatan Musi VI PU Bina Marga, Aria Darmawan, mengatakan selama pembebasan lahan akses jalan pihaknya telah mengucurkan dana sebesar Rp 7,8 miliar dari yang dianggarkan Rp 9 miliar. 

"Sebelumnya kami sudah membebaskan lahan enam persil dengan nilai Rp 6,1 miliar. Dan yang kedua ini Alhamdulilah, setelah negosiasi dan sosialisasi ke masyarakat ada 11 persil yang dibayarkan di tahap dua ini," ujar Aria saat diwawancara. 

Artinya, sudah 17 persil yang dibebaskan dan dibayar Pemprov Sumsel dari 21 persil lahan yang terdampak pembangunan jalan.

Tersisa empat persil lagi yang akan dibebaskan dalam tahap ketiga. 

"Sisa empat persil lagi target tahun ini selesai. Panjang jalan yang bakal dibangun yakni 670 meter, rencana tahun ini penimbunan tanah dan konstruksi agregat B sehingga dapat fungsional.

Insya Allah tahun ini juga, jalur sepanjang 400 meter akan dilanjutkan sampai pengerasan aspal. Pengerasan aspal dimulai dari Jalan wahid hasyim menuju Jalan Faqih Usman, " tuturnya. 

Nantinya jalan ini dibuat menjadi dua jalur dan empat lajur. Lebar jalur masing-masing 7 meter dilengkapi dengan trotoar dan median jalan. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved