Lubuklinggau Jadi Kota Satu-satunya di Sumsel Level 1, Walikota Nanan Bagi Tips Kunci Suksesnya

Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe MM bersyukur dan mengapresiasi kepada masyarakat Kota Lubuklinggau turun berperan dalam menekan Covid-19

Penulis: adi kurniawan | Editor: adi kurniawan
tribunsumsel/eko
Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG ---- Walikota Lubuklinggau Drs H SN Prana Putra Sohe MM bersyukur dan mengapresiasi kepada masyarakat Kota Lubuklinggau dan seluruh stakeholder yang turun berperan dalam menekan tingkat Covid-19 hingga dinyatakan sebagai satu-satunya kota di Sumsel berada di level 1.

"Kita mensyukuri tingkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi dan karena memang vaksinasi di Kota Lubuklinggau cukup tinggi kan 62-an persen data dari Penyankes Pemkot Lubuklinggau."

"Kalau data updatenya saya belum tahu dan itu sudah 100-an ribu orang yang sudah divaksin pertama di Linggau."

"Itu yang menyebabkan Linggau jadi level satu, selain kasusnya tidak muncul tapi vaksinasinya cukup optimal," ungkap Drs H SN Prana Putra Sohe MM kepada Sripoku.com, Selasa (9/11/2021). 

Berdasarkan Instruksi Mendagri No 58 Tahun 2021 tertanggal 8 November 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, level 2, dan level 1, serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. 

Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan agar melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 (tiga), Level 2 (dua), dan Level 1 (satu) Corona Virus 
Disease (COVID-19) di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen oleh Kementerian Kesehatan serta lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) Penanganan COVID-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19, berkenaan dengan hal tersebut diinstruksikan:

Gubernur Sumatera Selatan; dan Bupati/Walikota untuk wilayah 
Kabupaten/Kota dengan kriteria;
1). Level 1 (satu) yaitu Kota Lubuklinggau
2). Level 2 (dua) yaitu Kabupaten Musirawas, Musim Banyuasin, OKU Selatan, Kota Palembang, Pagaralam, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, Ogan Ilir, dan Prabumulih.
3). Level 3 (tiga) yaitu Kabupaten OKU, OKI, Muara enim, Banyuasin, OKU Timur, Empat lawang, dan Muratara. 

Pria yang akrab disapa Nanan ini menjelaskan terus tanggap melakukan upaya herd immunity di Kota Lubuklinggau dengan menyiapkan ribuan vaksin sehingga orang yang divaksin cukup banyak mencapai 100 ribuan lebih dari 171 ribu warga sasaran vaksin yang diharapkan. 

"Walaupun Lubuklinggau sudah level satu, tapi kita tidak lengah."

"Masyarakat Linggau tidak lengah, pemerintah sudah bersiap dengan upaya penanganan."

"Karena kita khawatir suatu saat muncul lagi yang namanya endemi apapun maka Linggau sudah punya Rumah Sakit Khusus Covid yang Insya Allah minggu ini sudah bisa beroperasional," terang Nanan. 

Kemudian Pemkot Lubuklinggau sudah membangun lagi untuk laboratorium daerah berkaitan dengan PCR.

Pria yang akrab disapa Nanan yang kini menjadi kader Partai Kebangkitan Bangsa merasa perlu melakukan upaya memberikan kekebalan tubuh kelompok atau Herd Immunity. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved