Breaking News:

Membaca Peta Politik Sumatera Selatan 2024

Terlepas, siapapun yang akan maju dalam Pilkada Sumatera Selatan 2024 dan terpilih untuk membangun Sumatera Selatan.

Editor: Bejoroy
SRIPOKU.COM/Istimewa
Muhammad Rizky Apansyah, S.H Alumni Fakultas Hukum Sriwijaya/Staf Eksekutif DPP-CPI. 

Oleh: Muhammad Rizky Apansyah, S.H
Alumni Fakultas Hukum Sriwijaya/Staf Eksekutif DPP-CPI.

Memasuki 3 tahun kepemimpinan Herman Deru-Mawardi Yahya sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Periode 2018-2023 sejak dilantik pada 1 Oktober 2018 silam.

Artinya bahwa tinggal 2 tahun sisa kepemimpinan HDMY di periode ini dan kontestasi Pilkada semakin dekat.

Sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sebagai dasar penyelenggaraan Pemilihan Umum terbaru mengisyaratkan bahwa Pemilihan Umum dilaksanakan sebanyak 1x dalam 5 tahun.

Artinya bahwa Sumatera Selatan kemungkinan besar tidak dilaksanakan pada tahun 2023, namun diikutsertakan dalam Pilkada Serentak 2024.

Terlebih Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri telah me-mastikan bahwa jadwal Pilkada Serentak dilaksanakan pada 27 Oktober 2024.

Walaupun Pilkada masih dilaksanakan 3 tahun lagi, tetapi euforia politik di Sumatera Selatan mulai terasa ramai, tepatnya pasca Operasi Tangkap Tangan oleh KPK dan ditetapkannya Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemkab Musi Banyuasin, sejumlah tokoh politik mulai bermunculan.

Fenomena ini mempengaruhi peta politik Sumatera Selatan pada Pilkada 2024.

Hal itu disebakan, Dodi Reza Alex merupakan Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Selatan yang merupakan lawan politik pada Pilkada Sumatera Selatan 2018 dan berpeluang kembali menjadi lawan politik Herman Deru sebagai incumbent dalam Pilkada Sumatera Selatan 2024.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved