Banyak yang Belum Tahu Batas Wilayah Banyuasin Palembang, Lurah Jakabaring Selatan Turun Tangan

Ketika ditanya tapal batas antara wilayah Kabupaten Banyuasin dan Palembang, ternyata masih banyak yang belum tahu.

Editor: Refly Permana
tribunsumsel.com/ardi
Lurah Jakabaring Selatan, Zahrudin S. 

Penulids: Ardi

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tapal batas wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang, khususnya di wilayah Jakabaring dan Tegal Binangun.

Terlebih di perbatasan Tegal Binangun, antara Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang yang dibatasi pipa milik Pertamina.

Namun, ketika ditanya beberapa warga di sana, ternyata masih banyak warga yang menganggap bila wilayah tersebut masih masuk wilayah Kota Palembang.

"Kalau di sini masih Palembang. Yang masuk wilayah Banyuasin itu arah simpang menuju pintu tol," ujar seorang pemilik warung di Tegal Binangun ketika ditemui, Jumat (5/11/2021).

Warga tidak mengetahui bila perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang berada di Tegal Binangun, tepatnya perlintasan pipa milik Pertamina.

Sedangkan Lurah Jakabaring Selatan, Kecamatan Rambutan Zahrudin S menuturkan sejauh ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi terkait tapal batas antara wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

"Masih banyak warga yang KTP-nya Palembang, ketika di data tidak mau dan mengaku masih warga Palembang. Kami sudah memberikan pengertian, tetapi kami juga tidak bisa memaksa karena hak orang," katanya.

Lanjut Zahrudin, dari kesepakatan yang sudah ada di Kemendagri beberapa waktu lalu, setidaknya di wilayah Jakabaring Selatan ada 32 patok tapal batas.

Patok-patok tapal batas ini, berbatasan dengan Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir. Patok tabal batas ini, ada yang langsung dari alam dan juga jalan.

Bila di data seluruh wilayah Kelurahan Jakabaring Selatan, sewajarnya terdapat 40 RT lebih. Namun, untuk saat ini baru terdata 22 RT dan semuanya murni masuk wilayah Banyuasin.

"Kami hanya bisa sosialisasi saja. Untuk urusan surat edaran, nantinya berdasarkan keputusan menteri pastinya dua wilayah, baik itu Banyuasin maupun Palembang akan mengeluarkan surat edaran masing-masing.

Kami hanya bisa sosialisasi saja, mana wilayah Kelurahan Jakabaring Selatan," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved