Breaking News:

Asian Games 2022 Hangzhou Coret Cabor Pencaksilat, Abas Akbar Minta Jokowi Bantu Perjuangkan

"Saya sebagai pelatih pencaksilat sedih ini tidak dipertandingkan. Atlet-atlet pencaksilat tidak berangkat

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Abdul Hafiz
Pelatih nasional dan mantan atlet pencaksilat dunia asal Sumsel, Abas Akbar SE MM. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kabar dicoretnya cabang olahraga pencak silat dari daftar yang dipertandingkan di Asian Games 2022 Hangzhou mendapat reaksi keras dari pelatih nasional dan juga mantan atlet pencaksilat dunia asal Sumsel, Abas Akbar SE MM.

Sebab tak hanya berpotensi membuat Indonesia rugi besar bakal berkurangnya medali bagi timnas Merah Putih, juga karena ini dinilai menyangkut pencaksilat yang dikenal selama ini merupakan bagian dari budaya Bangsa Indonesia.

Abas Akbar yang merupakan pelatih Asian Games ke-18 2018 di Indonesia masih merasakan kebanggannya cabor pencaksilat menjadi juara umum dengan mempersembahkan 14 medali emas, dan 1 perunggu.

"Saya sebagai pelatih pencaksilat sedih ini tidak dipertandingkan. Atlet-atlet pencaksilat tidak berangkat ke kejuaraan Asian Games itu. Padahal kita sudah merintisnya sudah lama," ungkap Abas Akbar kepada Sripoku.com, Selasa (2/11/2021)

Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama Panitia Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou (HAGOC) mengumumkan bahwa 40 cabor akan dipertandingkan pada Asian Games edisi ke-19.

Sebanyak 40 cabang olahraga tersebut, meliputi 31 cabor Olimpiade dan 9 cabor non-Olimpiade. Dari 40 cabor itu terdiri atas 61 disiplin dan 482 nomor pertandingan.

Pihak penyelenggara telah meniadakan tiga cabor yang sebelumnya dipertandingkan di edisi Jakarta-Palembang 2018 lalu.

Ketiga cabor yang tidak akan dipertandingkan di Hangzhou pada 10 – 25 September 2022 tersebut yakni Jetski, Paragliding, dan Pencaksilat.

Tidak adanya cabor Pencaksilat pada Asian Games Hangzhou ini tentu akan merugikan kontingen Indonesia.
Pasalnya, cabor ini langganan menyumbangkan medali untuk tim Merah Putih.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved