Breaking News:

Desak Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Mengundurkan Diri, MAKI: Banyak Dugaan Pelanggaran Etik

Koordinator MAKI Boyamin Saiman meminta agar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri

Editor: Azwir Ahmad
ho/sripoku.com
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Banyaknya dugaan pelanggaran kode etik, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta agar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri dari jabatannya.

Pernyataan Boyamin tersebut menyusul laporan yang disampaikan mantan penyidik KPK Novel Baswedan dan Rizka Anungnata tentang dugaan pelanggaran kode etik baru yang dilakukan Lili.

“Ini disayangkan ternyata banyak hal menjadi dugaan pelanggaran kode etik dan diduga cacat, dan sebenarnya tidak usah jauh-jauh menunggu persidangan Dewan Pengawas (Dewas), Bu Lili saat ini mengundurkan diri saja dari pimpinan KPK,” kata Boyamin seperti dikutip Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Diberitakan bahwa Novel Baswedan dan Rizka Anungnata melaporkan Lili pada Dewas, Kamis (21/10/2021) kemarin.

Disebutkan dalam laporan itu, Lili diduga melakukan komunikasi dengan salah satu kontestan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, bernama Darno.

Siapa Lili Pintauli Siregar yang Menjabat Wakil Ketua KPK Dilaporkan Novel Baswedan CS ke Dewas KPK

Novel Baswedan cs Melaporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Diduga Menggunakan Posisinya Pimpinan KPK

Jika laporan tersebut benar, Boyamin menilai, Lili sebagai Pimpinan KPK tidak mampu menjaga jarak dan mencegah politisasi dalam proses penanganan perkara.

Karena itu, jika Lili memutuskan untuk mengundurkan diri, kata Boyamin, maka itu akan membawa dampak baik untuk internal KPK dan pemberantasan korupsi.

Artikel ini telah tayang di Kotan.co.id denan judul https://nasional.kompas.com/read/2021/10/22/14292401/dilaporkan-ke-dewas-lagi-lili-pintauli-didesak-mundur-sebagai-pimpinan-kpk?page=all#page2

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved