Ikan Betutu Palembang

SEHARI Bisa 4 Koli, Pengusaha Ikan Betutu Palembang Banjir Pesanan dari Malaysia

Setelah 2 tahun terseok akibat pandemi Covid-19, permintaan ikan dari Malaysia dan Singapura kembali melonjak

Editor: Wiedarto
IST
Ikan Betutu 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Pengusaha Ikan Betutu Palembang, kini mulai tersenyum lega. Setelah 2 tahun terseok akibat pandemi Covid-19, permintaan ikan dari Malaysia dan Singapura kembali melonjak.

Ade Hartono, salah seorang pengusaha ikan betutu di kawasan 13 Ilir, kini mulai dibanjiri pesanan ikan yang mulai langka tersebut. Sebelum pandemi, dalam waktu seminggu bisa 3 kali pengiriman. Namun setelah pandemi merosot tajam.

Pria yang menggeluti bisnis ikan Betutu belasan tahun lalu, sempat pusing akibat terhentinya permintaan akibat sebagian besar negara pengekspor ikan betutu lockdown.

Kini permintaan merangkak naik, terutama dari Malaysia. Satu hari bisa 4 koli (sekitar 70 kilogram) ikan Betutu yang dikirim ke negeri Jiran.

"Kini sehari bisa kirim 4 koli ikan betutu ke Malaysia. Biasanya pengiriman lewat SMB II ke Jakarta terlebih dahulu," jelas Ivanco (19), Kamis (21/10/2021).

Menurut Ivanco, setiap kali pengiriman, jumlahnya bisa mencapai 1 koli atau berisi sekitar 17 kilogram ikan Betutu. Setelah melalui pemeriksaan Balai Karantina, Ikan Betutu yang sudah dikemas secara khusus tanpa diisi air, akan dikirim ke agen di Jakarta terlebih dahulu.

Harga jual ikan yang semula sempat turun menjadi Rp 100 ribu per kilogram, kini melonjak menjadi Rp 200 ribu. Ikan Betutu dipasok dari nelayan di wilayah perairan Sumsel, seperti jalur, Sungsang. Namun jika ikan dalam kondisi mati, harganya melorot menjadi Rp 30.000 per kilogram.

"Kadang mereka bongkar tengah malam, bahkan menjelang Subuh," kata Ivanco.

Mahasiswa Binus Jakarta yang mendapat program beasiswa BCA ini, sudah mahfum dengan bisnis ini. Pengirimannya pun simpel karena Ikan Betutu tak perlu dikirim dalam wadah berisi air.

Ivanco juga menyediakan ikan hias laut mulai dari nemo, dori, damsel dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp10 ribu. Masyarakat bisa membeli langsung ke Blesses Aquatic di Jl Aligatmir Lrg Kedipan Laut No 65A

Ikan Pemalas

Ikan betutu yang sering disebut sebagai ikan pemalas ternyata memiliki nilai jual yang tinggi. Ikan yang memiliki merah bata pudar itu kini dilirik hingga luar negeri. Terutama negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura.

Selain berharga mahal, ikan ini juga dipercaya mengadung beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan, yakni

1. Untuk merawat kecantikan

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved